Jaga Imun Tubuh Lansia dengan Tips Berikut

JAGA IMUN TUBUH LANSIA DENGAN TIPS BERIKUT
Foto: Foto: Tips Jaga Imun Tubuh Pada Lansia/pixabay

Suryamedia.id – Seiring pertambahan usia, menyebabkan tubuh akan mengalami penurunan akibat dari proses penuaan. Termasuk salah satunya imunitas tubuh.

Penurunan imun tubuh menyebabkan seseorang yang sudah lanjut usia ( lansia) menjadi lebih rentan terserang berbagai penyakit.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang menyebabkan lansia lebih rentan untuk tertular virus ini. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit kronis atau komorbid seperti penyakit jantung, diabetes, asma, atau kanker.

Barbagai cara  dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Beberapa cara berikut dapat diterapkan untuk menjaga imunitas tubuh pada lansia agar tidak mudah terserang penyakit.

Asupan sayur dan buah dapat membantu untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Cara ini pun aman untuk diterapkan kepada lansia.

Cara selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Jika tubuh kurang tidur, akan berpengaruh pada penurunan imunitas tubuh.

Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

Cara selanjutnya adalah dengan menghindari stress. Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, aman penting untuk menghindari stress.

Baca Juga :   Aplikasi Jelajah Magelang, Bantu Promosikan Produk Pelaku Ekonomi Kreatif

Selain itu, rutin berolahraga juga penting. Disarankan untuk melakukan olahraga rutin setiap harinya selama 30 menit. Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan didalam rumah.

Hal yang paling penting adalah hindari rokok dan alkohol. Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Yang terakhir adalah tetap bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dengan begitu dapat menghindarkan seorang lansia dari rasa kesepian yang dapat berbahaya bagi Kesehatan.

Penelitian menemukan bahwa orang yang kesepian memiliki hormon stres lebih tinggi, sehingga menyebabkan peradangan atau pembengkakan, terkait dengan radang sendi dan diabetes.

Yang terpenting adalah tetap menjaga pola makan dan istirahat agar kekebalan tubuh tetap terjaga. Begitupun dengan orang yang tinggal dengan lansia, harus tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan. (*)

Baca Juga :   Tekan Angka Covid-19, Layanan Dindukcapil Demak Beralih Online

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here