Industri Peternakan di Pesisir Selatan Purworejo Siap Berkembang

INDUSTRI PETERNAKAN DI PESISIR SELATAN PURWOREJO SIAP BERKEMBANG
Foto: Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH bersama PLN Jateng & DIY melakukan penyalaan listrik secara simbolis di Desa Depokrejo Kecamatan Ngombol pada hari Rabu (08/09/2021)/purworejokab.go.id

Purworejo, Suryamedia.id – Masyarakat di Desa Depokrejo Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo kini bisa menikmati aliran listrik dari PLN.

Kebutuhan listrik di wilayah tersebut dapat terpenuhi setelah PLN menyambungkan instalasi listrik dengan daya 555 KVA di wilayah pesisir pantai selatan Purworejo yang juga merupakan area industri peternakan tersebut.

Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, menjelaskan, dukungan pasokan listrik dari PLN sangat dibutuhkan petani untuk mewujudkan pertanian yang modern dan ramah lingkungan. Para petani tidak hanya menggunakan listrik untuk pencahayaan saja, tetapi juga untuk menghidupkan pompa air irigasi, menyalakan alat pengusir hama, dan sebagainya.

“Di pesisir Purworejo banyak sekali industri mulai dari peternakan, perikanan, pertanian dan perkebunan yang sangat membutuhkan adanya saluran listrik sebagai pengembangan ke depanya,” ungkap Wabup Yuli, pada acara penyalaan listrik secara simbolis di Desa Depokrejo, beberapa hari lalu.

Wabup pun menyampaikan keprihatinannya terhadap para petambak udang yang ada di wilayah Ketampang. Dimana mereka masih mengandalkan mesin diesel untuk mencukupi kebutuhan listrik.

Baca Juga :   News Grafis : BMKG Perkirakan Cuaca Jawa Tengah, Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Wabup juga mengatakan bahwa pengurusan listrik para warga tersebut belum terealisasi. Sehingga ia berharap bisa segera terpasang saluran listrik demi kelancaran usaha masyarakat.

“Itu dari dulu ngurus listrik belum bisa terealisasi, tidak tahu kenapa. Lha mumpung panjenengan rawuh disini monggo nanti saya dherekake tindak kesana. Harapan saya nanti segera dapat terpasang saluran listrik disana untuk kelancaran usaha masyarakat kami,” ungkap wabup.

Sementara itu, General Manager PLN Jateng DIY, M Irwansyah Putra, menerangkan, PLN mempunyai program Electrifying Agriculture yang berfokus pada pengadaan jaringan listrik untuk industri pertanian dan peternakan.

Menanggapi permohonan Wabup Yuli tentang pengadaan jaringan listrik bagi para petambak udang di Desa Ketawangrejo Kecamatan Grabag, Irwansyah menyatakan, potensi perekonomian masyarakat di pesisir Purworejo sangatlah besar dan perlu mendapatkan dukungan untuk pengembangan, khususnya dari segi aliran listriknya.

“Tadi kita bersama Ibu Wabup dan para pemilik tambak sudah berembuk. Pemilik tambak juga sudah cerita banyak dan insyaallah kita akan bantu untuk penyaluranya nanti melalui rayon setempat ya. Kita akan terus koordinasikan agar progresnya bisa cepat terealisasi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :   Kualitas Baik, Purworejo Dikategorikan Hasilkan Garam Industri

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here