Cegah Pencemaran Lingkungan, Masyarakat Diimbau Kelola Limbah Minyak Jelantah

Cegah Pencemaran Lingkungan, Masyarakat Diimbau Kelola Limbah Minyak Jelantah
Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono/semarangkota.go.id

Semarang, Suryamedia.id – Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono mengimbau masyarakat Semarang untuk mengelola limbah minyak jelantah.

Warga juga bisa menukarkan limbah minyak jelantah di 105 Bank Sampah yang tersebar di Kota Semarang.

Sapto juga mengatakan bahwa saat ini, beberapa pihak mulai melirik untuk mengolah limbah minyak jelantah untuk menjadi energi baru yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Penukaran limbah minyak kepada bank sampah, saat ini ada pihak yang akan bekerjasama dengan pemkot Semarang untuk mengumpulkan minyak ini untuk dijadikan biodiesel,” jelasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui DLH saat ini sedang melakukan penyusunan skema terkait dengan kerjasama antara Bank Sampah dengan pihak ketiga yang akan memanfaatkan limbah jelantah tersebut.

“Kami sudah memberikan saran agar pihak ketiga bisa kerjasama dengan Bank sampah karena bank sampah kita desain sebagai lembaga ekonomi, meski dari sisa yang kecil-kecil tapi ekonomi bisa berjalan,” ungkapnya.

DLH pun terus mendorong masyarakat untuk menukarkan limbah jelantah ke bank sampah. Dengan cara tersebut, bisa menjadi cara untuk menyelamatkan bumi dari pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari limbah minyak jelantah dari masing-masing rumah tangga.

Baca Juga :   119 Unit Pompa di Semarang Disiapkan Untuk Antisipasi Banjir

Limbah minyak jelantah jika tidak dikelola dengan baik dan dibuang begitu saja maka berdampak pada lingkungan yakni mencemari tanah dan sumber air, karena limbah minyak jelantah sulit menyatu dan terurai. Sedangkan jika limbah jelantah yang mengalir ke sungai hingga ke laut maka hanya akan mengapung dipermukaan dan akan menghalangi sinar matahari masuk untuk proses fotosintesis biota laut.

“Sebaiknya juga masyarakat tidak menggunakan minyak jelantah secara berulang karena bisa mengganggu sistem kesehatan tubuh kita, dan jangan sampai buang limbah jelantah sembarang, lebih baik ditukar di Bank Sampah agar bisa dikelola dengan baik,” imbuhnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here