Disdik Kota Semarang Bantu Anak Rentan Dapatkan Hak Pendidikan

DISDIK KOTA SEMARANG BANTU ANAK RENTAN DAPATKAN HAK PENDIDIKAN
Foto: Dinas Pendidikan Kota Semarang dan Yayasan Anantaka bekerjasama dalam penanganan anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus dan anak-anak rentan/semarangkota.go.id

Semarang, Mitrapost.com – Dinas Pendidikan kota Semarang dan Yayasan Anantaka bekerjasama untuk membantu anak yang membutuhkan perlindungan khusus dan anak- anak rentan utnuk mendapatkan hak Pendidikan.

Setiap tahun Yayasan Anantaka memberikan data temuan anak- anak yang mempunyai kendala dalam mendapatkan hak pendidikan yang kemudian bersama-sama menangani mereka.

Tahun 2021 ada sebanyak 24 anak (6 Siswa SD, 18 Siswa SMP) yang mendapatkan bantuan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang dan Yayasan Anantaka. Mereka dibantu untuk mendapatkan sekolah terdekat dengan rumah mereka sehingga kendala uang transport bisa di minimalisir.

Dinas Pendidikan pun memberikan bantuan seragam dan uang jahit kepada anak- anak tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan akan berupaya terus menerus untuk menjamin hak pendidikan anak-anak di Kota Semarang.

“Mereka yang mempunyai hambatan dalam mendapatkan hak pendidikan akan menjadi target sasaran untuk difasilitasi. Kami bekerja sama dengan berbagai stakeholder salah satu nya adalah Yayasan Anantaka untuk dapat membantu anak-anak yang mempunyai kendala dalam mendapatkan hak pendidikan sehingga semua anak di Kota Semarang mendapatkan hak pendidikan,” ungkap Gunawan Saptogiri, SH MM.

Baca Juga :   Aktivitas Warga Makin Mudah dengan Dibangunnya Jembatan Penghubung di Banyubiru

Direktur Pendidikan Yayasan Anantaka, Malikhatus Saniyah, menyampaikan apresiasi untuk Pemerintah Kota Semarang yang berkomitmen untuk menjamin hak pendidikan anak-anak.

“Semoga dengan kebijakan dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam penanganan anak-anak yang memiliki hambatan dalam mendapatkan akses pendidikan akan menjadikan semua anak-anak di Kota Semarang mendapatkan hak pendidikan tanpa terkecuali,” ucap perempuan yang akrab disapa Ika tersebut.

“Peran Yayasan Anantaka lebih pada melakukan monitoring dan pendampingan anak-anak agar mereka tetap sekolah melalui pendampingan individu yaitu konseling dan home visit ke rumah,” sambungnya. Beberapa waktu lalu, Yayasan Anantaka juga telah menyalurkan bantuan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang kepada anak-anak di di Pondok Boro Kelurahan Trimulyo berupa seragam sekolah. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here