Squid Game, Berikut 10 Fakta Menarik Drakor yang Lagi Viral

10 Fakta Menarik Tentang Film Squid Game

Squid Game merupakan film yang menggambarkan kisah menegangkan sejumlah 465 peserta yang berpartisipasi dalam permainan anak- anak. Serial yang mengangkat kisah survival ini ternyata diselipi berbagai fakta yang mungkin nggak kamu ketahui. Berikut 10 fakta tentang squid game yang kamu ga ketahui.

Squid Game

Pemeran utama

Angka dalam kurung menunjukkan nomor karakter yang ditetapkan dalam Squid Game.

  • Lee Jung-jae sebagai Seong Gi-hun (456)

Seorang sopir dan pecandu judi, dia tinggal bersama ibunya dan berjuang untuk menghidupi putrinya secara finansial. Dia berpartisipasi dalam Game untuk menyelesaikan banyak hutangnya.

  • Park Hae-soo sebagai Cho Sang-woo (218)

Kepala tim investasi di sebuah perusahaan sekuritas, dia adalah junior Gi-hun dan mahasiswa berbakat yang belajar di Universitas Nasional Seoul. Namun, dia sekarang dicari oleh polisi karena mencuri uang dari kliennya.

  • Jung Ho-yeon sebagai Kang Sae-byeok (067)

Seorang pembelot Korea Utara yang memasuki Game untuk membayar broker untuk menemukan dan mengambil kembali anggota keluarganya yang masih hidup yang masih melintasi perbatasan.

  • Oh Yeong-su sebagai Oh Il-nam (001)

Seorang pria tua dengan tumor otak yang lebih memilih bermain Game daripada menunggu mati di dunia luar.

  • Heo Sung-tae sebagai Jang Deok-su (101)

Seorang gangster yang memasuki Game untuk menyelesaikan hutang judinya yang besar.

  • Anupam Tripathi sebagai Abdul Ali (199)

Seorang pekerja asing dari Pakistan yang memasuki Game untuk menafkahi keluarga mudanya setelah majikannya menolak untuk membayarnya selama berbulan-bulan.

  • Kim Joo-ryoung sebagai Han Mi-nyeo (212)

Seorang wanita misterius dan manipulatif yang mengaku sebagai ibu tunggal yang malang.

  • Wi Ha-joon sebagai Hwang Jun-ho

Seorang petugas polisi yang menyelinap ke dalam Game sebagai penjaga untuk menemukan saudaranya yang hilang.

Baca Juga :   5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

 

  1. Naskahnya Berusia 10 Tahun Lebih

Naskah untuk serial Squid Game ini ternyata telah ditulis sejak tahun 2008. Cerita mengenai survival game yang diikuti oleh ratusan orang memperebutkan hadiah uang bernilai fantastis ini terinspirasi dari sebuah komik yang dibaca oleh Hwang Dong Hyuk.

Saat menulis naskah tersebut, ia juga sedang dalam keadaan dililit hutang seperti para peserta Squid Game yang mengikuti permainan agar terbebas dari hutang. Pada awalnya, naskah Squid Game sempat ditolak dan dinilai banyak orang terlalu rumit. Namun akhirnya Squid Game pun berhasil diproduksi pada tahun 2020.

  1. Judulnya Diubah

Tak banyak yang tahu bahwa serial populer ini awalnya memiliki judul yang berbeda. Pada konferensi pers yang digelar oleh pihak Netflix di tahun 2019, serial Squid Game awalnya berjudul Round Six.

Squid Game sendiri adalah judul permainan yang dimainkan pada episode ke-8, sekaligus menjadi intro pembuka dari serial ini dimana sang tokoh utama, Seong Gi Hun, bernostalgia tentang permainan yang ia lakukan di masa kecilnya.

  1. Fakta Squid Game Netflix, Capai Rating Tinggi

Squid Game menjadi serial Korea pertama yang menempati ranking 1 dalam 10 besar peringkat acara Netflix di Amerika Serikat, bahkan mengalahkan serial Money Heist yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir.

Laman resmi Rotten Tomatoes juga memberi serial ini rating sangat tinggi, yaitu mencapai 100%. Tak heran, serial ini menjadi sangat populer tak hanya di tempat asalnya Korea Selatan, melainkan hampir di seluruh penjuru dunia.

  1. Set Lokasi Permainan Direplika di Dunia Nyata

Dalam sebuah video behind the scene atau dibalik layar yang ditayangkan di kanal Youtube The Swoon, Chae Kyoung Sun sang art director dari serial ini menyatakan bahwa hampir semua tempat-tempat ikonik dalam serial ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat aesthetic dan luar biasa.

Baca Juga :   5 Penampakan Hantu Jepang

Netflix Korea pun memanfaaatkan kepopuleran serial ini dengan mendirikan set permainan yang sama dengan di film di stasiun kereta bawah tanah di kota Itaewon, termasuk boneka anak perempuan raksasanya yang ikonik.

Sayangnya karena jumlah pengunjung yang membludak sehingga melanggar protokol kesehatan yang berlaku, set Squid Game tersebut ditutup untuk umum sejak Jumat (24/9).

  1. Squid Game Gunakan Permainan Anak-Anak dari Jaman Dulu

Faktanya, 6 permainan yang ada di serial ini adalah permainan anak- anak asli yang populer di Korea pada tahun 1970 – 1980. Para kru film tersebut mereplika permainan tersebut berdasarkan ilustrasi dari buku- buku.

Permen madu yang menjadi objek permainan di ronde kedua adalah permen madu asli yang dibuat satu per satu oleh para kru film.

Begitu pula dengan kaca yang digunakan di permainan kelima adalah kaca asli yang bisa pecah dan para pemainnya pun berada di ketinggian 1 meter di atas tanah. Meskipun tak terlalu tinggi, 1 meter saja cukup untuk membuat mereka merasa ketakutan sehingga aktingnya pun bisa lebih maksimal.

  1. Fakta Seragam yang Digunakan di Serial Squid Game

Menurut wawancara dengan Hwang Dong Hyuk yang dimuat di salah satu majalah di Korea Selatan, seragam olahraga yang digunakan di Squid Game terinspirasi dari seragam olahraga yang digunakan para siswa sekolah di Korea. Dua warna seragam yang digunakan dalam serial tersebut juga memiliki konsep tertentu.

Baca Juga :   Waspadai Tanda Skincare Berbahaya

Warnanya yang kontras ditekankan untuk menunjukkan kelompok yang berbeda, yaitu antara peserta dan petugas. Seragam yang digunakan juga melambangkan individualitas dan kepribadian.

  1. Ada Petunjuk Mengenai Kelima Permainan dari Awal

Jika diperhatikan pada episode awal dimana para peserta dikumpulkan di dalam satu ruangan sebelum permainan dimulai, petunjuk mengenai kelima permainan yang akan dimainkan ternyata tergambar di sisi-sisi dinding ruangan tersebut. Namun di episode-episode selanjutnya, gambar-gambar ini tertutupi oleh tempat tidur besi yang jumlahnya banyak.

Baru di penghujung ketika hanya tersisa satu peserta saja yaitu Seong Gi Hun, Kang Sae Byeok, dan Cho Sang Woo gambar-gambar tersebut bisa dilihat kembali.

  1. Teka-teki yang Memicu Adrenalin

Serial Squid Game, menyajikan aneka ragam permainan tradisonal anak- anak Korea, seperti “Lampu Merah, Lampu Hijau” dalam episode pertamanya. Ratusan peserta pun wajib andil dalam permainan tersebut demi bertahan hidup.

Hasil kekalahan yang harusnya dirasakan dengan kepolosan dan keceriaan, dalam serial ini, harus ditanggung dengan kematian yang sesungguhnya.

  1. Penggunaan ragam properti dan desain lokasi yang sesungguhnya

Ketika mengunjungi lokasi syuting, para pemeran Squid Game terkejut dengan desain lokasi dan penggunaan propertinya. Ukuran dan setiap detail kecilnya, benar-benar diperhatikan.

Hwang Dong-hyuk menekankan bahwa, ia meminimalkan penggunaan efek komputer demi menggarap serial yang lebih ‘nyata’.

  1. Terinspirasi dari permainan anak-anak

Terlepas dari elemen kekerasan yang menguras darah, ternyata Squid Game terinspirasi dari berbagai permainan anak- anak pada tahun 1970 hingga 1980. Contohnya, permainan cumi-cumi, sejenis permainan tag menggunakan papan berbentuk cumi-cumi yang ditarik dari tanah, serta Mugunghwa has bloomed.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here