13 Tutorial Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Harus dicoba

13 Tutorial Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Perut buncit membuat kita menjadi tidak percaya diri. Timbunan lemak dapat mengakibatkan  berbagai risiko penyakit. Misalnya penyumbatan arteri hingga penyakit jantung. Mengkonsumsi minuman ber alcohol, jarang olahraga dan kurang istirahat dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Untuk mengatasi perut buncit, berikut ada beberapa tutorial mengecilkan perut secara alami. Yuk simak penjelasan berikut.

  1. Minum air dalam jumlah cukup setiap harinya

Salah satu cara yang paling mudah adalah minum air putih yang cukup setiap harinya. Faktanya air putih dapat meningkatkan pembakaran energi hingga 100 kalori per hari. Air putih juga dapat meredakan sembelit dan membuat kamu merasa lebih kenyang sehingga mencegah makan berlebihan.

  1. Perbanyak makanan dengan kandungan serat

Serat tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan. Serat larut dapat menyerap air dalam jumlah besar, memperlambat penyerapan kalori dan lemak.Sebuah studi menunjukkan konsumsi 10 gram asupan serat larut dapat mengurangi penambahan lemak hingga 3,7% setiap tahunya. Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber serat larut antara lain gandum, alpukat, biji rami, blackberry, kacang polong, dan kubis.

  1. Konsumsi probiotik

Selain karena makanan obesitas  dapat disebabkan oleh bakteri. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih pada ususnya terdapat sejumlah bakteri yang meningkatkan proses penyerapan lemak tubuh.mengonsumsi minuman probiotik dapat menghambat dan membunuh bakteri tersebut. Sehingga mengurangi risiko penambahan berat badan.Beberapa jenis probiotik yang terbukti efektif mengurangi lemak perut seperti Lactobacillus fermentum, amylovorus, gasseri, yogurt, kefir, kimchi, tempe, dan acar.

  1. Istirahat yang cukup

Kebiasan begadang,selain mengurangi fokus juga menjadi penyebab utama perut buncit. Beberapa penilitan menunjukan orang dewasa yang tidur kurang dari lima jam sehari berpotensi mengalami peningkatan berat badan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mendapat waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

  1. Kurangi asupan gula

Gulai dianggap sebagai penyebab utama penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan penyakit lemak hati. Peneliti juga membuktikan asupan gula yang berlebihan berkaitan langsung dengan kenaikan berat badan.Beberapa makanan dan minuman yang harus kamu dihindari karena tinggi akan kandungan gula. Seperti soda, makanan olahan, minuman manis seperti bubble tea, Thai tea, kopi instan, dan masih banyak lainnya.

  1. Rutin berjalan kaki

Tidak ada cara paling efektif untuk mengurangi lemak perut selain melakukan olahraga dan diet sehat. Jika kamu tidak sempat melakukan latihan kardio 20-40 menit per hari, jalan kaki bisa menjadi alternatifnya.Menurut pakar kesehatan, dengan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari atau 7.500 langkah dapat mengurangi lemak dan membuat pinggang terlihat lebih ramping.

  1. Puasa

Puasa intermiten merupakan metode diet yang sering dilakukan dengan cara mengatur makan atau tidak makan selama 24 jam sebanyak dua hingga empat kali seminggu.Atau membatasi waktu makan menjadi delapan jam setiap hari dapat menjadi cara menghilangkan lemak perut dan berat badan yang efektif. Kebiasaan ini dapat menjadi gaya hidup sehat dengan catatan kamu tetap memenuhi asupan nutrisi tubuh sesuai dengan yang dianjurkan para ahli kesehatan.

  1. Kardio

latihan kardio seperti jogging, lompat tali, zumba atau aerobik terbukti efektif mengurangi lemak di perut. Selain itu, latihan ini dapat memperkuat otot bagian tengah tubuh serta mengecilkan lingkar pinggang. Para ahli merekomendasikan untuk rutin melakukan latihan karidio dengan intensitas sedang hingga tinggi selama 20 sampai 40 menit per hari.

  1. Hindari stress

Jika kamu merasa ingin makan terus,ternyata hal ini disebabkan karena stress memicu tubuh memproduksi hormon kortisol. Hormon ini diketahui dapat meningkatkan nafsu makan seseorang terutama pada perempuan. Untuk itu cobalah menambahkan aktivitas seperti meditasi atau yoga untuk mengurangi stres.

  1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan di perut.  Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

  1. Makan makanan kaya asam lemak tak jenuh

Asam lemak tak jenuh termasuk kedalam makanan sehat karena hanya mengandung lemak baik. Lemak baik ini berfungsi menghasilkan kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja vitamin, melindungi saraf, dan mencegah obesitas. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh tinggi di antaranya buah alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  1. Banyak Konsumsi Protein

Kurang mengonsumsi protein dapat menyebabkan perut buncit karena protein mempunyai kandungan yang dapat membantu tubuh merasa kenyang dan meningkatkan laju metabolism serta mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Orang yang banyak mengonsumsi protein dipercaya memiliki risiko lebih rendah untuk memiliki perut buncit. Kandungan protein dalam bahan makanan dapat kamu temukan pada tempe, tahu, ikan, ayam tanpa kulit kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Sejuta Manfaat Kulit Buah Naga

Berikut Penyebab Perut Buncit

Menopause

Semakin bertambahnya usia, maka metabolism tubuh akan berkurang dan kita memasuki fase menopause. Hal ini paling sering dirasakan para wanita, dimana beberapa kasus menunjukan bahwa wanita mengalami kenaikan lemak pada perut ketika berada di fase tersebut. Pada fase menopause, kadar estrogen akan secara tiba-tiba menurun drastic yang menyebabkan lemak yang tadinya disimpan pada pinggul dan paha menjadi tersimpan di perut.

Poster Tubuh yang Buruk

Hal ini lebih ke kebiasaan seseorang seperti memiliki postur tubuh yang bungkuk sehingga membuat tubuh terlihat lebih gemuk dan perut membuncit. Hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan memperbaiki postr tubuh kamu dengan duduk yang tegak dan juga yang paling penting adalah berolahraga untuk memperbaiki postur tersebut.

Terdapat Bakteri pada Usus

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap orang gemuk dan perut buncit, ditemukan bahwa orang gemuk dan perut buncit seringkali memiliki jumlah bakteri Firmicutes pada usus yang lebih banyak dibandingkan dengan orang lain yang memiliki berat badan ideal. Dalam penelitian ini juga memperlihatkan bahwa bakteri Firmicutes memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah kalori yang dapat diserap dari makanan yang masuk ke tubuh kita sehingga dapat dengan mudah mengalami kenaikan berat badan serta perut buncit.

Baca Juga :   Aneka Warna Cat Berikan Kesan Nyaman di Kamar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here