Ketahui Efek Minum Kopi Tanpa Gula Vs Pakai Gula dari Segi Kesehatan

Ketahui Efek Minum Kopi Tanpa Gula Vs Pakai Gula dari Segi Kesehatan
Foto: Efek Minum Kopi Tanpa Gula Vs Pakai Gula dari Segi Kesehatan/Pixabay.com

Suryamedia.id  – Minum kopi menjadi salah satu rutinitas yang biasa dilakukan oleh beberapa orang. Beberapa diantaranya akan menyeduh kopi menggunakan gula, namun beberapa lainnya menyeduhnya tanpa menggunakan gula.

Manfaat kopi juga dikenal dapat meningkatkan energi dan konsentrasi hingga membantu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan antioksidan dalam kopi dapat membantu untuk memelihara kesehtan jantung.

Meminum segelas kopi hitam tanpa menggunakan gula akan menyebabkan kafein terserap dengan cepat ke dalam darah. Hal itu pun menyebabkan terjadinya lonjakan detak jantung, tekanan darah, dan juga energi.

Penyerapan kopi tanpa gula dapat terjadi dalam waktu 20 menit dan akan menetap dalam aliran darah lebih dari 12 jam.

Setelah itu, kafein mulai memengaruhi tingkat adenosin dalam otak. Adenosin adalah senyawa kimia dalam otak yang bertanggung jawab untuk memberi sinyal mengantuk.

Kafein yang bekerja sebagai pengikat reseptor adenosin, akan membuat badan cenderung lebih bersemangat dan tetap terjaga.

Setelahnya tubuh akan memproduksi adrenalin, dan selanjutnya akan meningkatkan produksi energi dalam tubuh.

Baca Juga :   Rahasia Agar Kulit Tampak Awet Muda dan Sehat

Peningkatan kadar adrenalin ini kemudian menyebabkan pelebaran saluran pernapasan dan aliran darah akan membanjiri otot.

Selain itu, kopi juga dapat membantu untuk memperbaiki suasana hati. Hal tersebut dikarenakan, otak akan menjadi lebih sensitif terhadap serotonin, yang merupakan sebuah neurotransmitter yang bertanggungjawab untuk mengatur suasana hati.

Dengan meminum kopi tanpa menambahkan gula setelah tiga hingga empat jam, akan menjadikan tubuh mengalami penurunan energi, akibat dari efek penyemangat yang disebabkan dari memudarnya kadar kafein.

Sedangkan jika memimun kopi dengan menggunakan tambahan gula dalam dosis yang kecil, tidak akan memberikan masalah bagi Kesehatan.

Rasa manis yang terkandung dapat menyebabkan pelepasan dopamin, yaitu hormon yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati.

Jika menkonsumsi gula secara berlebihan dalam kopi, maka akan menyebabkan tubuh memompa kadar dopamine di luar batas.

Hal ini menyebabkan peningkatan toleransi tubuh terhadap gula dan mendorong perasaan ingin makan lebih banyak makanan yang manis.

Sedangkan, organ hati tidak mampu untuk mencerna gula berlebih menjadi energi. Hal itu akan menyebabkan gula terendap menjadi lemak hati.

Baca Juga :   Berbagai Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan

Banyaknya gula dalam tubuh juga dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah mendadak. Tubuh pun jadi memproduksi insulin dengan sangat cepat.

Di saat yang bersamaan, proses pembentukan energi ini dapat menyebabkan turunnya kadar glukosa.

Jika kadar glukosa menurun drastis, maka dapat menyebabkan gejala seperti lesu, kelelahan, sakit kepala, hingga kecemasan.

Ketika kadar insulin di otak turun sebagai akibat dari konsumsi gula berlebih, proses pembelajaran dan ketajaman memori otak juga jadi terganggu.

Sehingga, meminum kopi hitam tanpa gula, bisa memberikan manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan menkonsumsi kopi dengan tambahan gula. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here