Uji Coba Pembukaan Kebun Binatang Surabaya Disambut Antusias Warga

Uji Coba Pembukaan Kebun Binatang Surabaya Disambut Antusias Warga
Foto: Dalam uji coba hari pertama, Wakil Wali Kota Surabayaberinteraksi dengan para pengunjung dan membagikan masker kepada mereka/surabaya.go.id

Surabaya, Suryamedia.idKebun Binatang Surabaya (KBS) mulai dilakukan uji coba pengoperasian tempat wisata pada Minggu (3/10/ 2021).

Pada hari pertama uji coba tersebut, berdasarkan data Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) terdapat sekitar 2000 pengunjung yang memanfaatkan akhir pekan.

Dalam uji coba hari pertama, Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji didampingi Direktur Utama (Dirut) PDTS KBS, Choirul Anwar, terlihat menelusuri rute bersepeda di KBS dan melihat kondisi sejumlah Satwa. Ia menyatakan bahwa kebun binatang akan dibuka dengan kapasitas 25 persen dari kondisi normal.

“Alhamdulillah pada hari ini Kebun Binatang Surabaya telah buka kembali dengan kapasitas 25 persen dari kondisi normal,” kata Wawali Armuji.

Ia juga menyampaikan, bahwa pada uji coba pertama, ikon wisata Kota Surabaya tersebut juga menyediakan tempat vaksinasi sebanyak 1000 dosis. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi pengunjung baik warga KTP Surabaya atau luar kota.

Kebun Binatang Surabaya juga telah menyiapkan 85 Satgas Mandiri Covid-19, sehingga nanti dapat mengingatkan warga agar terus mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :   Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo Resmi Diluncurkan

Animo masyarakat pun terbilang cukup tinggi untuk mengunjungi KBS di akhir pekan.

Sementara itu, Humas PDTS KBS, Agus Supangat menjelaskan, selama uji coba ini pihaknya membatasi maksimal kuota kunjungan per harinya 5000 wisatawan. Hal ini sebagaimana telah diatur dalam Surat Edaran ( SE) Kemenparekraf yang menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas.

“Pembatasan 25 persen dari kapasitas normal. Jadi kita sediakan 5000 kuota per harinya. Ini kita bagi sesi-sesi, kalau terlalu padat, nunggu yang lainnya keluar. Jadi kita juga lihat kondisi di dalam,” kata Agus Supangat.

Agus mengungkapkan, pada uji coba hari pertama, terdapat sekitar 2000 masyarakat yang berwisata ke KBS. Jumlah wisatawan ini sudah termasuk dengan pengunjung yang memanfaatkan gowes akhir pekan di KBS mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. “Hari ini (pengunjung) hampir mendekati 2000. Itu termasuk dengan pengunjung gowes. Jadi satu hari itu dibatasi 5000 pengunjung,” ungkap dia.

Beberapa program lain terkait olahraga juga diuji cobakan. Khusus untuk olahraga, seperti gowes, dibuka mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. Sedangkan pengunjung umum, dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Baca Juga :   Jemaah Haji Diupayakan Berangkat Tahun Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini