Dinas Pariwisata Yogyakarta Promosikan Potensi Wisata dengan Famtrip

Dinas Pariwisata Yogyakarta Promosikan Potensi Wisata dengan Famtrip
Foto: Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti hadiri famtrip yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada Rabu malam (6/10) di Sekar Kedhaton Restoran, Kotagede, Yogyakarta/warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, Suryamedia.id – Famtrip diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada Rabu malam (6/10) di Sekar Kedhaton Restoran, Kotagede, Yogyakarta.

Famtrip digelar untuk membangun dan mempromosikan potensi wisata yang ada di kota Yogyakarta. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Pada kesempatan tersebut, Haryadi juga menyampaikan bahwa pihaknya menggelar peringatan HUT ke-265 Yogyakarta, dengan pucak acara Wayang Jogja Night Carnival #6 (WJNC) secara daring yang dapat dilihat melalui chanel Youtube Pemkot Yogyakarta dan luring terbatas.

“Ini adalah tahun ke dua pandemi dengan kondisi PPKM level tiga maka semua gelaran acara dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat dan kondisi masyarakat yang divaksin sudah merata bahkan sudah tuntas vaksin,” kata Haryadi.

Pada mulanya, acara yang diselenggerakan mulai tahun 2016 ini, merupakan kegiatan karnaval yang berlanjut dengan pagelaran wayang di malam harinya. Namun selama masa pandemi Covid-19, pagelaran dilakukan secara terbatas dan memastikan semua seniman telah mendapatkan vaksinasi.

“Untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi semua pihak maka dalam kegiatan WJNC para seniman yang ikut serta dalam pementasan telah kami asuransikan dan telah divaksin serta sebelum pementasan dilakukan tes swab antigen,” papar Haryadi

Baca Juga :   Wisata Petualangan Alam Baru di Kabupaten Magelang

Kemudian disampaikan pula bahwa mulai bulan Oktober ini telah dilakukan pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah- sekolah khususnya kelas 6 ke atas. Selain itu pariwisata pun mulai tumbuh dengan datangnya para wisatawan ke Yogyakarta.

“Dengan mulai bergeraknya pendidikan dan pariwisata maka diharapkan roda ekonomi kembali berputar sehingga pendapatan masyarakat bisa berangsur pulih,” harap Haryadi.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berterimakasih atas kehadiran para tamu undangan Famtrip yang telah hadir dari Lampung, Palembang, Bali, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur, Bandung dan kota-kota lain yang bertugas atas nama berbagai media.

Dengan Famtrip ini diharapkan dapat membangun jejaring dengan para pengelola media untuk mempromosikan potensi wisata yang ada.

“Famtrip adalah upaya kami dalam mempromosikan potensi pariwisata melalui silaturahmi dan membangun jejaring dengan para pengelola media agar bisa diketahui secara luas baik nasional maupun internasional,” jelas Wahyu.

Wahyu juga menjelaskan bahwa di Kota Yogyakarta telah dikembangkan program Monalisa (sport tourism), sebuah pengembangan wisata bersepeda dengan menyusuri kampung-kampung yang memiliki potensi wisata.

Baca Juga :   News Grafis : Kemenkes Turunkan Harga Tes Antigen

Selain itu juga terdapat program Kamelia ( aplikasi untuk kampung wisata) yang memudahkan wisatawan mendapatkan informasi seperti apa potensi kampung dan bagaimana mengaksesnya.

“Meski pandemi kami terus berkarya dan berupaya bagaimana pariwisata bisa tetap tumbuh dengan segala keterbatasan di era PPKM,” ungkap Wahyu.

Dalam kesempatan tersebut para hadirin juga diberikan gelang vaksin warna hijau sebagai penanda bahwa para undangan telah divaksin dosis ke dua. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here