Ratusan Calon Jemaah Umroh Belum Diizinkan Berangkat

Pekalongan, Suryamedia.id – Sebanyak 500 jemaah umroh kota Pekalongan belum diizinkan untuk berangkat pada bulan Oktober 2021.

Pasalnya, Indonesia belum diizinkan untuk masuk ke Arab Saudi dan hingga saat ini masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi PHU Kemenag Kota Pekalongan, Mundakir saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (7/10/2021). “Untuk kegiatan pemberangkatan umrah, Kemenag hingga saat ini masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Harapannya Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) tidak membuka dulu pendaftaran umrah,” kata Mundakir.

Disebutkan Mundakir, bahwa sejak bulan Februari sampai dengan saat ini, Arab Saudi belum membuka untuk jemaah Indonesia. “Meski sudah dibuka kembali dan ada pelonggaran dari Pemerintah Arab Saudi, Indonesia menjadi salah satu dari sembilan negara yang masih belum diizinkan masuk kesana,” terang Mundakir.

Menurut Mundakir, hal tersebut karena mempertimbangkan stabilitas situasi epidemiologis di beberapa negara dan efektivitas pengendalian pandemi Covid-19 di beberapa negara lain. “Negara-negara yang masih belum bisa masuk ke Arab Saudi adalah India, Pakistan, Indonesia, Mesir, Turki, Argentina, Brazil, Afrika Selatan, dan Lebanon,” tandas Mundakir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *