Rumah Peninggalan Pahlawan Jenderal Gatot Subroto Dijadikan Museum Pribadi

Rumah Peninggalan Pahlawan Jenderal Gatot Subroto Dijadikan Museum Pribadi
Foto: Rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto, disulap menjadi sebuah museum pribadi/jatengprov.go.id

Semarang, Suryamedia.id – Rumah peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto, yang berada di jalan Brigjen Soediarto, disulap menjadi museum pribadi.

Dalam museum yang terletak di dekat Benteng Willem II tersebut, menyimpan berbagai barang pribadi milik pahlawan nasional tersebut. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh cucu Jenderal Gatot Subroto, Lawrence Locsin Sardjono.

Menurutnya, selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi dan tongkat komando. Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu dan kacamata.

“Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu diantaranya, dalam kondisi rusak,” katanya pada peresmian museum tersebut, Minggu (10/10/ 2021).

Selain itu, juga terdapat dua tempat tidur pribadi yang terawat dengan baik. Serta puluhan foto jenderal yang terpajang di beberapa bagian dinding rumah.

Meski museum pribadi, Lawrence menyilakan warga untuk melihat langsung koleksi pribadi kakeknya, dengan menghubunginya, di nomor 081310119533. Tak menutup kemungkinan akan dijadikan museum terbuka atau bangunan cagar budaya.

Cucu lainnya, Indriani Sunarjo menyampaikan, dengan adanya museum tersebut diharapkan dapat menjadi sarana penting mengenang perjuangan Wakasad periode 1956-1962.

Baca Juga :   Sebagian Warga Tolak Pembongkaran di Kampung Cebolok

“Nilai-nilai perjuangan yang dilakukan kakek kami semoga dapat memberi manfaat bagi generasi muda,” ujarnya.

Senada, Staf Ahli Pangdam IV/Diponegoro Brigjen Rimbo Karyono menghargai langkah keluarga besar Jenderal Gatot Subroto, yang menghadirkan museum ini.

“Saya berharap, melalui museum ini dapat memacu semangat kita sebagai generasi penerus bangsa dalam mewujudkan cita-cita perjuangan para pendahulu,” tegasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here