Pedagang di Pasar Rakyat Malang Diberikan Pembebasan Retribusi

Pedagang di Pasar Rakyat Malang Diberikan Pembebasan Retribusi
Foto: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang telah menerbitkan kebijakan pembebasan retribusi pasar selama dua bulan ke depan/malangkota.go.id

Malang, Suryamedia.id – Pembebasan retribusi diberikan kepada para pedagang yang ada di 26 pasar rakyat kota Malang. Kebijakan ini diterbitkan oleh pemerintah kota Malang selama dua bulan ke depan.

Kebijakan tersebut diterbitkan melalui Peraturan Wali (Perwal) Kota Malang Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pembebasan Retribusi Pelayanan Pasar dan Retribusi Pelayanan Persampahan/ Kebersihan. Serta dapat dinikmati oleh hamper 14 ribu pedagang pasar rakyat di kota Malang.

Ditemui di sela-sela rangkaian kegiatan kampanye #Sobopasarker, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Muhammad Sailendra menuturkan, kebijakan ini adalah bentuk kepedulian Wali Kota Malang Sutiaji dalam merespons aspirasi dari masyarakat bahwa omzet pedagang pasar belum pulih sepenuhnya. Dengan harapan dapat meringankan beban para pedagang.

“Harapannya bisa meringankan beban pedagang di masa pemberlakuan PPKM,” ujar Sailendra, Jumat (15/10/ 2021).

Ditambahkan Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Sapto Wibowo, pembebasan retribusi mencakup dua komponen, yakni retribusi tempat berjualan dan retribusi kebersihan. Selain pembebasan retribusi, Pemkot Malang juga terus menggencarkan upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pedagang.

Baca Juga :   News Grafis : Jennifer Jill Bayar Tagihan Listrik Rp 90 Juta Usai Rehabilitasi

“Kualitas SDM di pasar rakyat dikuatkan dengan Sekolah Pasar Pedagang Cerdas (Sepasar Pedas), inisiatif pasar digital di beberapa lokasi percontohan dan kampanye kembali belanja ke pasar melalui #sobopasarker,” tutupnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here