Produksi Blangkon Mulai Kembali Menggeliat

Produksi Blangkon Mulai Kembali Menggeliat
Foto: Subranto, Pengrajin Blangkon di Yogyakarta/warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, Mitrapost.com – Sempat berhenti produksi pada awal pandemi Covid-19, kini produksi Blangkon milik Subranto (50) di Kampung Wisata Rejowinangun Kembali menggeliat.

“Selama pandemi tahun lalu, saya berhenti total tidak produksi. Mulai produksi lagi awal- awal tahun 2021,” ujar Subranto di sela membuat blangkon dan menggelar produk saat kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Kampung Wisata Rejowinangun, Jumat (8/10/ 2021).

Sebelum pandemi Covid-19, Subranto bisa memproduksi sekitar 60 blangkon per hari bersama 5 orang pekerja. Namun saat pandemi di tahun 2021 produksi tidak menentu, kadang hanya 2 blangkon per hari, namun pernah mencapai sekitar 20-25 blangkon per hari. Pembuatan blangko tersebut dikerjakan di rumah Subranto di Kampung Pilahan RT 40 RW 12 Kelurahan Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta.

Blangkon tersebut biasa dijual ke tempat wisata yang ada di Yogyakarta, namun dikarenakan selama pandemi tempat wisata masih tutup, maka ada stok barang yang tidak laku.

“Penjualan utama ke tempat- tempat wisata seperti di Prambanan dan Malioboro. Tapi selama pandemi berhenti total karena tutup semua tempat wisata. Ada stok barang tapi tidak laku,” paparnya.

Baca Juga :   Pedagang Respon Positif Dibukanya Kembali Pasar Beringharjo Hingga Malam

Kendati demikian Subranto tidak berpangku tangan. Dia bersama istrinya mulai mencoba menjual sendiri berbagai jenis blangkon itu melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Penjualan pun mulai menggeliat, meski hanya beberapa blangkon. Tapi setidaknya stok blangkon yang telah diproduksinya dapat terjual.

“Saya coba jualan secara online setelah ada pelatihan penjualan lewat online. Awalnya hanya satu dua blangkon yang terjual, sekarang cukup lumayan penjualan online di Facebook dan Instagram,” tambah Subranto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini