4 Tips Atasi Mood Swing Saat Menstruasi, Wajib di Coba

Tips Atasi Mood Swing Saat Menstruasi
Foto: Tips Atasi Mood Swing Ketika PMS dan Menstruasi/Pixabay.com

Suryamedia.id – Mood swing atau perubahan mood secara tiba-tiba bisa terjadi Ketika perempuan sudah mendekati jadwal atau saat menstruasi tiba.

Perubahan mood ini pun terkadang tidak bisa dikendalikan, sehingga membuat perempuan menjadi sulit berkonsentrasi dan mengganggu aktivitas.

Hingga kini penyebab terjadinya mood swing Ketika premenstrual syndrome (PMS) masih belum diketahui secara pasti. Namun para ahli meyakini jika mood swing berkaitan erat dengan naik turunnya hormone selama siklus menstruasi.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya mood swing pada perempuan yang sedang PMS ataupun menstruasi.

  1. Perbaiki pola makan

Dengan memperbaiki pola makan, dipercaya bisa meredakan mood swing selama PMS. Namun terdapat makanan yang perlu dihindari, diantaranya adalah makanan tinggi garam, gula, dan lemak serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Hal itu dikarenakan, makanan tersebut dapat menambah keluhan pencernaan seperti kembung dan mual yang bisa menyebabkan perut semakin tidak nyaman. Selain itu, makanan tersebut juga memperparah kondisi mood.

Adapun makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, asam lemak omega 3, dan kalsium.

Baca Juga :   13 Cara Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh

Sedangkan untuk membantu meredakan gejala PMS adalah dengan mengonsumsi the jahe atau the daun raspberry merah.

  1. Olahraga secara teratur

Olahrga tidak hanya menyehatkan dan membantu tubuh menjadi lebih bugar, namun dapat membantu memperbaiki suasana hati dengan meningkatkan produksi hormone Bahagia.

Oleh karena itu, olahraga penting dilakukan, terutama Ketika sedang menstruasi. Namun pastikan, olahraga yang dipilih termasuk dalam olahraga ringan dan aman dilakukan Ketika sedang menstruasi.

  1. Kelola stress dengan baik

Mengelola stress dengan baik mejadi salah satu cara untuk membantu meredakan mood swing. Beberapa cara untuk mengelola stress diantaranya adlaah dengan meditasi ataupun yoga.

  1. konsumsi obat Pereda nyeri

Gejala nyeri Ketika sedang menstruasi juga bisa memperparah perubahan mood. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi obat Pereda nyeri yang disarankan oleh dokter.

Namun, jika dengan beberapa cara tersebut, perubahan mood masih belum bisa diatasi dengan baik dan sangat mengganggu, sebaiknya meminta bantuan dari ahli untuk menangani. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here