Peternak Sapi di Boyolali Ubah Limbah Kotoran Sapi Jadi Biogas

Boyolali, Suryamedia.id – Peternak sapi yang ada di desa Pagerjurang, kecamatan Musuk, Boyolali memanfaatkan limbah kotoran sapi menjadi biogas, yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga.

Pemanfaatan limbah kotoran sapi yang dikelola peternak sapi bernama Nur Amir tersebut sudah berjalan enam bulan yang lalu. Terlebih di masa pandemi seperti ini, pemanfaatan limbah sapi dapat menghemat pengeluaran untuk pembelian gas ukuran tiga kilogram.

Ia mengungkapkan, pembuatan biogas berawal dari adanya kesenjangan sosial terkait dengan limbah kotoran sapi di desa tempatnya tinggal.

“Limbah kotoran sapi di desa bermula menjadi konflik sosial antar warga. Karena di desa kami ini hampir setiap orang memiliki ternak sapi dan limbahnya tersebut menjadikan kesenjangan antar warga,” katanya saat ditemui di lokasi ternaknya di Desa Pagerjurang.

Selama masa pandemic Covid-19, masyarakat tidak hanya memanfaatkan kotoran sapi menjadi biogas, namun juga mengubah cairan limbah sapi menjadi pupuk cairan yang difermentasi untuk tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *