Potensi Wisata di Waduk Tempuran Dikembangkan

Potensi Wisata di Waduk Tempuran Dikembangkan
Foto: Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen Saat berkunjung ke objek wisata Waduk Tempuran di Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora/jatengprov.go.id

Blora, Suryamedia.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, ragam potensi wisata di Waduk Tempuran, desa Tempuran, kecamatan Blora, kabupaten Blora dikembangkan.

Adapun potensi wisata yang dapat dikembangkan diantaranya adalah wisata perahu dayung, aneka kuliner khas Blora, peternakan, serta wisata petik jambu kristal.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen juga telah melakukan kunjungan ke objek wisata tersebut pada (6/11/ 2021).

Gus Yasin mengatakan, bahwa waduk tersebut memiliki banyak fungsi. Selain fungsi utama untuk keperluan irigasi pertanian dan budidaya ikan tawar, Kawasan waduk Tempuran juga bisa dikembangkan untuk destinasi pariwisata. Salah satunya dengan membuat paket-paket wisata.

Menurutnya, banyak potensi lokal di Desa Tempuran yang bisa menarik wisatawan dari berbagai daerah, yang bisa dikemas menjadi paket wisata. Mulai dari paket wisata perahu, petik buah, ragam kuliner khususnya kue serabi yang disajikan dengan beragam topping unik dan khas, juga bermacam olahan ikan tawar hasil budidaya warga setempat.

“Tadi saya menyeberang waduk menuju Kebun JKT, yaitu Kebun Jambu Kristal Tempuran. Jangan hanya jambu kristal, bisa juga dikembangkan anggur, durian, dan bisa juga peternakan sapi,” katanya.

Baca Juga :   Pengunjung Obyek Wisata Gua Terawang Blora Mulai Ramai

Melihat potensi di sekitar waduk, termasuk Kebun JKT dan hamparan rumput gajah yang tumbuh subur. Menurutnya pemerintah desa bisa mengajak masyarakat membudidayakan sapi potong atau perah. Apabila pemerintah desa dan masyarakat dapat memanfaatkan peluang itu, akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini