Kebun Semampir Siap Jadi Agrowisata dengan Budidaya Alpukat Kendil

Kebun Semampir Siap Jadi Agrowisata dengan Budidaya Alpukat Kendil
Foto: alpukat dengan varietas Kendil atau alpukat Giant (raksasa) di Kebun Semampir, kabupaten Batang/berita.batangkab.go.id

Batang, Suryamedia.id – Setelah sukses budidayakan alpukat dengan varietas Kendil atau alpukat Giant (raksasa), kebun Semampir yang terletak di kabupaten Batang ini, siap menjadi rintisan agrowisata dan wisata edukasi.

Alpukat Kendil sendiri memiliki bentuk yang berbeda daripada alpukat biasa. Pada jenis ini, memiliki ukuran dua hingga tiga kali lipat lebih besar disbanding dengan alpukat pada umumnya.

Di Batang pun alpukat jenis ini mulai dibudidayakan, salah satunya seperti yang ada di Kebun Semampir. Satu buah alpukat inipun beratnya kisaran 800 gram hingga 2 kg.

“Jenis alpukat kendil ini belum banyak dibudidayakan di Kabupaten Batang. Sehingga ke depannya bisa merintis agrowisata alpukat, sehingga nantinya masyarakat bisa menikmati wisata petik buah dan edukasi penanaman buah di Kebun Semampir,” kata Pengelola Kebun Semampir, Isnen Ambar Santosa saat ditemui di Desa Semampir, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang.

Kabupaten Batang, lanjut dia, sudah ada alpukat jenis kendil, namun belum banyak yang membudidayakan. Karena itu, pihaknya akan mengembangkan menjadi rintisan agrowisata dan wisata edukasi.

Baca Juga :   Calhaj Diimbau Untuk Vaksinasi Influenza

Selain penanaman alpukat Kendil, di kebun Semampir juga terdapat pembuatan pupuk organik yang biasanya dipakai untuk memupuk buah-buahan yang dikembangkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini