Gandeng Pelaku Seni, Pemkab Jepara Lestarikan Kesenian Tradisional

Jepara, Suryamedia.id – Sebagai langkah untuk melestarikan kesenian tradisional, pemerintah kabupaten Jepara memberikan ruang bagi para pelaku seni. Salah satunya dengan menggandeng pelaku seni dan generasi muda untuk menjaga seni budaya dan tradisi lokal.

“Dengan terus berkarya melalui kesenian, artinya kita memberi ruang kepada pelaku seni di Jepara untuk melestarikan kesenian tradisional,” terang Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni Listiasa, pada penyerahan penghargaan kepada para seniman, dan launching gelar aksi melestarikan dan mengembangkan seni budaya berbasis masyarakat (gamelan selaras), di Pendapa Kartini.

Karenanya, lanjut Zamroni, untuk mengpresiasi para seniman yang telah melestarikan kesenian tradisional, Pemerintah Kabupaten Jepara memberikan penghargaan anugerah kepada para seniman, serta pelestari seni dan budaya. Tentunya dengan kriteria yang jelas, antara lain karya dan konsistensi dalam melestarikan seni dan budaya tradisional.

Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para seniman untuk terus mengembangkan karya di tengah perkembangan teknologi.

“Harapannya melalui penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi para seniman, untuk terus mengembangkan karyanya guna melestarikan seni dan budaya tradisional,” ujarnya.

Baca Juga :   News Grafis : Muncul Klaster Sekolah di Jepara, Bupati Evaluasi PTM

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Jepara terhadap eksistensi dan peran seniman dan budayawan Jepara. Di samping itu, budaya lokal sebagai aset nasional yang harus dijaga dan dilestarikan.

Menurutnya, di tengah arus perubahan yang sulit dibendung, kesenian harus bangkit agar tidak digerus oleh zaman. Modernisasi tidak boleh meruntuhkan seni budaya tradisi, bahkan justru harus lebih memperkuat.

“Kita harus memanfaatkan teknologi untuk memperkuat upaya seni budaya tradisional. Kuncinya mampu melakukan adaptasi, modifikasi, dan regenerasi,” kata bupati, yang akrab disapa Andi.

Andi berharap, generasi milenial juga dikenalkan kesenian dan budaya lokal sejak dini. Dengan begitu, penghargaan yang sudah diterima para tokoh kesenian, lembaga, serta komunitas bisa menjadi pemacu semangat generasi sekarang dalam belajar kesenian tradisional.

“Saya yakin dengan belajar, generasi muda bisa mengembangkan seni budaya di Jepara,” pungkasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *