BPBD Jepara Siapkan Nomor Darurat Kebencanaan

BPBD Jepara Siapkan Nomor Darurat Kebencanaan
Foto: komisi D DPRD Jateng Helmy Turmudhi, berdialog di LPPL Radio Kartini Jepara, Sabtu (14/11/2021)/jatengprov.go.id

Jepara, Suryamedia.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memprediksi terjadinya cuaca ekstrem yang akan melanda wilayah Jawa Tengah pada akhir 2021 dan awal 2022.

Sebagai langkah untuk melakukan antisipasi dan penanganan bencana, BPBD Jepara menyiapkan nomor darurat yang bisa dihubungi oleh warga.

Hal tersebut dikemukakan oleh Komisi D DPRD Jateng Helmy Turmudhi, dalam dialog di LPPL Radio Kartini Jepara, Sabtu (14/11/ 2021). Menurutnya, kewaspadaan mutlak dimiliki oleh petugas penanganan bencana. Namun, masyarakat pun harus menghidupkan kembali kepekaan terhadap bencana.

Ditambahkan, kepekaan akan krisis dibangun dari hal-hal yang kecil. Satu di antaranya, menyimpan nomor-nomor dari petugas penanganan bencana. Seperti pusat telepon BPBD Jepara dengan nomor 0291598216 / 0291598291 atau WA 08112766451.

“Pertama, update informasi BMKG. Kemudian siap siaga, bilamana ada sinyal (peringatan) masyarakat jangan pasrah, catat nomor-nomor penting,” ujarnya saat berdialog dengan penyiar Radio Kartini Nasya Ahmad.

Selain itu, bagi mereka yang berada di daerah rawan bencana, penting untuk mempersiapkan “tas siaga”. Itu dimaksudkan, bilamana keadaan darurat, masyarakat bisa segera mengamankan diri dan dokumen penting.

Baca Juga :   Sidak di Jepara, Ganjar Temukan Penanganan Kurang Maksimal Pada Pasien Covid-19

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini