Pengamanan International Borobudur Maraton 2021 Akan Dimaksimalkan

Pengamanan International Borobudur Maraton 2021 Akan Dimaksimalkan
Foto: Foto: Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat diwawancara di lobi Mako Polres Magelang terkait pengamanan Borobudur Marathon/beritamagelang.id/

Magelang, Suryamedia.idPolres Magelang akan memaksimalkan pengamanan dalam perhelatan International Borobudur Maraton 2021 yang akan berlangsung pada 27-28 November 2021 di Komplek Taman Lumbini Candi Borobudur Kabupaten Magelang.

Untuk memastikan pengamanan selama acara berlangsung, Polres Magelang menggelar rapat koordinasi teknis pengamanan.

Rapat internal tersebut dilaksanakan dengan mengundang instansi-instansi terkait untuk membahas teknis pengamanan perhelatan internasional tersebut.

“Personel yang kita turunkan akan kita maksimalkan. Karena ini perhelatan internasional jadi kita akan lakukan pengamanan semaksimal mungkin,” kata Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat ditemui di kantornya, Kamis (25/11).

Kapolres Magelang menyampaikan tanggal 27 November 2021 tersebut dikhususkan untuk atlet elite (Elite Race). Sedangkan 28 November 2021 adalah untuk atlet umum di program Bank Jateng Tilik Candi.

“Kegiatan ini dilaksanakan pagi dini hari, sampai sekitar pukul 08.00 WIB ketika Candi Borobudur mulai dibuka. Jadi harapannya nanti tidak berbenturan dengan pengunjung wisata,” tambahnya.

Ditemui di ruangannya, Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi menyampaikan, sebanyak 151 personel akan diterjunkan. Terdiri dari anggota Polri, Kodim 0705, Dishub, Dinkes, Damkar dan

Baca Juga :   Hadir Wahana Baru di Kawasan Telomoyo

“Untuk teknisnya, ploting ada 14 titik yang akan dilalui oleh peserta Borobudur Marathon. Setiap titik terdapat dua personel nantinya. Namun kami juga melakukan pengamanan dan antisipasi di ruas-ruas jalan yang dilalui,” kata Kabag Ops Polres Magelang Kompol Maryadi.

Arus lalu lintas menurut Maryadi, juga akan menjadi fokus antisipasi, mengingat setiap Sabtu dan Minggu Borobudur menjadi pusat tujuan wisata, baik dari lokal maupun nasional. Terkait hal tersebut, pihaknya bersama Dishub akan melakukan rekayasa arus lalu lintas.

“Pintu masuk di Candi Borobudur juga akan kita tempatkan personil sehingga yang tidak berkompeten dilarang memasuki Candi Borobudur. Kecuali yang untuk umum yaitu setelah dibuka pukul 08.00 WIB,” tandasnya. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here