Menhub Instruksikan Penjagaan Ketat di Pelabuhan Jelang Nataru

Menhub Instruksikan Penjagaan Ketat di Pelabuhan Jelang Nataru
Foto: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi/PMJ News

Suryamedia.id – Menjelang libur Natal dan tahun baru ( Nataru), Menteri perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan penjagaan ketat di Pelabuhan.

Penjagaan tersebut bertujuan untuk menjaga kelancaran arus penumpang dan barang di Pelabuhan selama masa libur Nataru, serta dengan penerapan protokol Kesehatan ketat.

Hal tersebut disampaikan Menhub saat memimpin Apel Siaga Kesiapan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (12/12/ 2021).

“di masa libur Nataru ini, ada kecenderungan pergerakan penumpang dan barang akan meningkat,” ujar Menhub Budi Karya dalam keterangannya.

“Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan di pelayaran agar mengawal keselamatan (safety) dengan baik, menjaga kelancaran arus penumpang dan barang, dan mengetatkan prokes,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi mengingatkan jajaran terkait antisipasi cuaca ekstrem dan badai akhir-akhir ini, yang bisa membahayakan kapal-kapal yang sedang berlayar.

“Koordinasi yang berkaitan dengan cuaca, navigasi pelayaran harus dilakukan dengan baik. Apabila terjadi cuaca ekstrem, jangan terbitkan SPB sampai cuaca kembali memungkinkan untuk berlayar,” jelasnya.

Baca Juga :   Kampung Kuno di Surabaya Akan Diberi Fasilitas Penunjang

Terkait pengetatan prokes, Budi meminta, para petugas memastikan penumpang yang berlayar, sudah melakukan vaksin dosis lengkap dan sudah melakukan tes antigen.

“Apabila ada yang belum vaksin atau tes antigen, saya sudah minta Dirjen Perhubungan Laut, PT Pelindo, dan PT Pelni untuk berkoordiasi menyediakan fasilitas vaksinasi dan tes antigen,” tukasnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini