Pemerintah Siapkan 4 Strategi Penanganan Varian Omicron

Pemerintah Siapkan 4 Strategi Penanganan Varian Omicron
Foto: Ilustrasi Covid-19 varian Omicron/pixabay.com

Suryamedia.id – Virus Covid-19 varian Omicron kini mulai merebak di Indonesia. Satgas menyatakan bahwa varian ini telah menginfeksi puluhan masyarakat Indonesia.

Oleh karenanya, pemerintah menyiapkan strategi penanganan dan pencegahan penyebaran varian terbaru Covid-19 ini.

Terdapat empat strategi penanganan dan pencegahan yang disiapkan oleh pemerintah. Diantaranya adalah dengan memperketat protokol Kesehatan, surveilans (tes, lacak, isolasi), vaksinasi, dan perawatan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyebut skenario lain disiapkan dengan memperketat karantina pelaku perjalanan. Pasalnya, 98 persen kasus Omicron di Indonesia terjadi pada pelaku perjalanan internasional.

“Peralatan tes disebarkan ke seluruh pintu-pintu masuk utama dari luar negeri, sehingga lebih cepat mengidentifikasi Omicron,” ujar Johnny dalam keterangannya, Selasa (28/12/ 2021).

Johnny menambahkan, pemerintah memperbanyak peralatan Genome Sequencing untuk mempercepat dan memperluas jaringan tes tersebut di luar Jawa.

Selain itu, pemerintah juga terus mempercepat dan memperluas vaksinasi nasional, terutama bagi kelompok masyarakat yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

“Fasilitas kesehatan dan rumah sakit berikut dengan tempat tidur, obat-obatan, oksigen sudah dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan adanya lonjakan kasus,” tuturnya.

Baca Juga :   Jalani Tes Swab, Ratusan Karyawan PT Dua Kelinci Positif Covid-19

Ia juga meminta masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan yang telah terbukti efektif mencegah penularan Covid-19.

“Pemerintah mengajak masyarakat menjalankan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) untuk mencegah penularan varian baru Covid-19 seperti Omicron,” terangnya.

“Seluruh peraturan dan imbauan yang dibuat pemerintah semata- mata untuk melindungi masyarakat dari varian Omicron dan mempertahankan kondisi pandemi terus terkendali,” imbuhnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini