Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo Resmi Diluncurkan

Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo Resmi Diluncurkan
Foto: Pemerintah kota Surabaya meluncurkan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo di Balai kota Surabaya pada Rabu (29/12/2021)/surabaya.go.id

Surabaya, Suryamedia.id – Pemerintah kota Surabaya meluncurkan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo di Balai kota Surabaya pada Rabu (29/12/ 2021).

Dalam peluncuran tersebut turut dihadiri Sekretaris Direktur (Sesditjen) Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI Marta Hadisarwono, Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto, Kepala Dishub Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat, dan jajaran pemkot serta Forkopimda Kota Surabaya.

Peluncuran Teman Bus melalui program Buy The Service (BTS) menjadi paradigma baru di beberapa kotra besar, salah satunya di Surabaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Suharto.

“Tapi konsep Buy The Service ini merupakan suatu konsep yang mana para operator dibayar dengan menggunakan rupiah perkilometer. Jadi, begitu roda menggelinding, berapa kilometer sesuai SOP yang ditetapkan, itulah yang akan kita berikan pembayarannya,” kata Suharto.

Oleh karena itu, dalam launching kali ini diberi nama Teman Bus, yang merupakan kepanjangan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Aman, dan Nyaman. Ia pun berharap, Trans Semanggi Suroboyo ini akan menjadi backbone atau angkutan massal yang ada di Kota Surabaya dan menjadi pelayanan angkutan massal di wilayah aglomerasi dari Jawa Timur.

Baca Juga :   Pekan Ini, Pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya Gelombang 2 Akan Ditutup

“Transportasi ekonomis dalam artian jauh dekat bayarnya sama. Meskipun kita masih mengandalkan nol rupiah karena kami masih menunggu peraturan pemerintah atau peraturan Menteri Keuangan yang mengatur tarif BTS ini. Insyallah dalam waktu dekat peraturan Menteri Keuangan itu akan keluarkan dan bisa diterapkan. Rencananya, untuk tarif para pelajar jauh dekat Rp 2 ribu dan untuk penumpang umum Rp 3 ribu,” kata dia.

Ia juga menjelaskan bahwa Trans Semanggi Suroboyo ini dilengkapi dengan IT yang bisa memudahkan para pengguna atau warga mendownload aplikasi Teman Bus di Play Store. Dengan aplikasi ini, para calon penumpang dengan mudah menentukan akan naik dan turun dimana, bus akan datang jam berapa, dan sampai di tujuan jam berapa. “Intinya, akan ada kemudahan,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk transportasi yang aman, ia memastikan bahwa di dalam Trans Semanggi Suroboyo ini sudah dilengkapi CCTV yang dapat memonitor para penumpang, termasuk bisa memonitor gerak-gerik pengemudi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini