Kemenkes Buka Opsi Vaksinasi Booster Setengah Dosis

Kemenkes Buka Opsi Vaksinasi Booster Setengah Dosis
Foto: Ilustrasi Pemberian Vaksin Booster

Suryamedia.id – Rencana pemberian vaksin booster Covid-19 di tahun 2022, bagi masyarakat umum akan segera direalisasikan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan membuka opsi vaksinasi booster setengah dosis untuk jenis vaksin tertentu.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Ia menuturkan bahwa rencana tersebut berdasarkan izin dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Namun, pemberian vaksin setengah dosis ini, hanya berlaku untuk jenis vaksin yang memiliki dosis lebih tinggi atau lebih keras. Seperti halnya vaksin Pfizer dan Moderna.

“CDC dan FDA Amerika Serikat telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan kebijakan Moderna yang hanya half dose karena memang ada isunya Moderna memiliki KIPI,” kata Budi dalam keterangannya, Selasa (4/1/2022).

Budi menjelaskan, saat ini Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) tengah melakukan riset terkait kebijakan pemberian setengah dosis vaksin tersebut.

“Mudah-mudahan bisa selesai sebelum tanggal 10 Januari,” terangnya.

Jika hasil ITAGI menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kemanjuran antara pemberian satu dosis penuh atau setengah dosis, maka Indonesia akan menerapkan pemberian setengah dosis.

Baca Juga :   News Grafis : Objek Wisata Ketep Pass Resmi Bersertifikat CHSE

Dengan begitu, Indonesia juga bisa mengamankan stok vaksin booster di Indonesia, yang mana saat ini hanya berjumlah 230 juta dosis.

“Tapi ini masih dalam diskusi ya, untuk selengkapnya nanti hasilnya akan keluar setelah laporan dari tim profesor profesor dari ITAGI menyampaikan hasilnya 10 Januari. Termasuk update soal vaksinasi booster juga akan diputuskan oleh bapak Presiden pada 12 Januari mendatang,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini