Taman Air Kalibening Magelang Kembali Dibuka

Taman Air Kalibening Magelang Kembali Dibuka
Foto: Taman Air Kalibening yang terletak di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang

Magelang, Suryamedia.id – Sempat vaksum selama 2 tahun masa pandemi Covid-19, Taman Air Kalibening yang terletak di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Kembali buka mulai Senin (3/1/2022).

Taman yang pada umumnya menyajikan wisata air berupa waterboom, ember tumpah, aneka luncuran dan kolam renang ini, untuk pertama kalinya dibuka untuk umum di awal tahun 2022 ini.

“Berdasarkan Inmendagri terbaru nomor 66 Tahun 2021, tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada Natal dan Tahun Baru, kami membuka kembali taman rekreasi Kalibening. Namun demikian, kami tetap memberikan beberapa catatan untuk pengelola,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein.

Karena masih dalam masa pandemi, diwajibkan adanya sarana dan prasarana pendukung protokol Kesehatan. Diantaranya adalah tempat cuci tangan diperbanyak, aplikasi PeduliLindungi dan pemeriksaan suhu tubuh. Selain itu, wisatawan yang diperbolehkan masuk adalah mereka yang sudah tervaksinasi.

“Kami juga tegaskan, wisatawan yang boleh masuk adalah yang sudah divaksinasi dan mengakses aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, kapasitas pengunjung juga tidak boleh lebih dari 75 persen dari kapasitas maksimal yakni 500 orang,” pintanya.

Baca Juga :   Permudah Pengusaha Urus Izin Usaha dengan OSS

Taman Air Kalibening yang berada di Jalan Secang – Windusari ini, sudah hampir 2 tahun ditutup, sejak pandemi merebak di Indonesia. Hal ini didasari regulasi pemerintah (Inmendagri), terkait penutupan kolam renang dan tempat- tempat wisata air lainnya.

“Dalam Inmendagri lalu itu, tempat wisata air harus ditutup karena potensi penularan Covid-19 melalui air, sangat besar. Dan setelah penurunan kasus terkonfirmasi dan pandemi ini dapat dikendalikan, kami mulai berani membukanya. Ini juga kami dasari pada Inmendagri terbaru,” tegasnya.

Meski demikian, Taman Air Kalibening, ditutup setiap hari Senin.

“Khusus hari ini, karena pembukaan ya kami buka. Dan sudah menjadi SOP di tempat kami, setiap Senin, objek wisata yang kami kelola, ditutup. Hal ini sebagai bagian untuk perawatan dan memberikan kesempatan para karyawan beristirahat,” ungkapnya.

Adapun tiket masuk Taman Air Kalibening saat ini adalah Rp20.500 per orang.

“Jam operasionalnya, kami buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB,” pungkasnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini