Menkes Ungkap Covid-19 Varian Omicron Miliki Gejala Ringan

Menkes Ungkap Covid-19 Varian Omicron Miliki Gejala Ringan
Foto: Ilustrasi ruang perawatan pasien Covid-19 di wisma Atlet/stitmuhngawi.ac.id

Suryamedia.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ungkap bahwa mayoritas pasien Covid-19 varian Omicron memiliki gejala yang ringan. Bahkan sebagian lainnya tak bergejala.

Oleh karenanya, pasien varian Omicron tidak memerlukan perawatan yang serius Ketika dirawat di rumah sakit.

Ia mengungkapkan, bahwa pasien dengan varian ini, hanya membutuhkan isolasi mandiri di rumah, serta pemberian suplemen vitamin dan obat terapi tambahan. Tentunya, yang sudah mendapatkan izin penggunaan dari pemerintah.

Budi juga menyatakan bahwa kenaikan transmisi Covid-19 varian ini, akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan varian Delta.

“Kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi daripada Delta. Tetapi yang dirawat lebih sedikit,” ucap Budi dalam siaran pers tertulisnya, hari ini Selasa (11/1/2022).

Sebelumnya, strategi layanan ke RS, kini difokuskan ke rumah. Hal tersebut dikarenakan, akan banyak orang yang terinfeksi.

“Sehingga strategi layanan dari Kemenkes dari yang sebelumnya ke RS saat ini fokusnya ke rumah. Hal itu disebabkan, akan banyak yang terinfeksi namun tidak perlu ke RS,” jelasnya menambahkan.

Baca Juga :   Gandeng DKPP Surabaya, Petani Garam Tingkatkan Kualitas Produksi

Untuk itu, Kemenkes bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis, bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah untuk mempercepat proses kesembuhan.

Adapun platform tersebut yaitu Alodokter, Getwell, Good Doctor, Grabhealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok, Aido Health, Homecare24, Lekasehat, mDoc, Trustmedis, dan Vascular.

Kemenkes juga akan melakukan penyesuaian dengan merekomendasikan perubahan peraturan penatalaksanaan pasien Covid-19, termasuk menyertakan penggunaan obat Monulpiravir dan Plaxlovid untuk terapi pasien Covid-19 gejala ringan. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini