Kemenhub Mengungkap Penyebab Kecelakaan di Balikpapan

Kemenhub Mengungkap Penyebab Kecelakaan di Balikpapan
Foto: kecelakaan di Balikpapan beberapa waktu lalu/CCTV

Suryamedia.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkap penyebab kecelakaan di Balikpapan yang terjadi pada 21/1/2022.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan bahwa hingga saat ini, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih melakukan investigasi terkait kecelakaan truk di simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berdasarkan hasil dari investigasi yang sudah dilakukan, diketahui penyebab kecelakaan tersebut adalah karena adanya perubahan konfigurasi sumbu ban.

“Dari hasil temuan sementara, adanya tambahan rear over hang (ROH) dan perubahan konfigurasi sumbu ban dari 1-1 menjadi 1-2-2 pada truk tersebut,” ungkap Budi dalam keterangannya yang dikutip Senin (24/1/2022).

Budi mengatakan, temuan tersebut menunjukan ketidaksesuaian dengan spesifikasi asli kendaraan. Dia memastikan, saat ini Kemenhub masih berkoordinasi dengan KNKT dan pihak kepolisian, karena penyebab pastinya masih dalam tahap investigasi.

Pada kesempatan yang sama, Budi meminta kerja sama peran dari para pengusaha truk dan pemilik kendaraan logistik untuk mengutamakan aspek keselamatan. Selain itu, pengusaha juga harus menghindari muatan dan dimensi yang berlebih.

Baca Juga :   News Grafis : Cegah Kekerasan Seksual dan Perundungan, Sekolah Diminta Lakukan Langkah Antisipatif

“Kejadian ini tentu berkaitan dengan Over Dimension Over Loading (ODOL) maka itu rencana ke depan mobil yang bermuatan berat akan dialihkan atau dilakukan transfer muatan untuk dibawa ke pelabuhan dengan kendaraan yang lebih kecil,” tuturnya.

Selain itu, diwacanakan akan diterapkan pembatasan operasional kendaraan barang yang pada pukul 22.00 WITA hingga 05.00 WITA yang mengacu pada peraturan Wali Kota Balikpapan. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini