P-Care Mudahkan Masyarakat Pengguna BPJS

P-Care Mudahkan Masyarakat Pengguna BPJS
Foto: Pelayanan BPJS Kesehatan/M.Kafi

Pati, Suryamedia.id – Sejak tahun 2014 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesehatan memiliki layanan yang diberi nama Primary Care atau P-Care BPJS Kesehatan. Layanan ini dibuat dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakannya.

P-Care sendiri merupakan bagian dari sistem informasi berbasis website yang sudah disediakan BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti Puskesmas, Klinik Pratama, dan Dokter Praktek Mandiri, dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat ( JKN-KIS).

Sistem informasi yang terintegrasi, mendukung mulai dari pendataan sasaran, registrasi dan verifikasi sasaran, penentuan lokasi dan jadwal pelayanan vaksinasi, penentuan alokasi serta monitoring vaksin dan logistik, screening status kesehatan serta pencatatan dan pelaporan hasil pelayanan.

Pimpinan Pati Medical Center Klinik Utama (PMCKU), Sri Widayati mengatakan bahwa dari dulu PMCKU sudah melakukan pelayanan kepada pasien BPJS Kesehatan dan tidak ada kendala apapun.

“Menurut kami, sistem BPJS Kesehatan oke lah. Untuk anak- anak maupun petugas sudah sangat familiar dan user friendly. Tidak pernah terjadi apa-apa selama ini,” ungkapnya  saat ditemui di PMCKU, Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga :   Perbaikan Jalan Tuntas, Aktivitas Ekonomi Warga Kayen Menjadi Lancar

Terkait dengan sistem, lanjut dia, pihaknya juga mendukung dengan adanya jaringan internet. Oleh karena itu, jaringan internet sangat membantu dalam hal mempercepat sistem tersebut.

“Jaringan internet sangat membantu dalam hal mempercepat sistem. Sehingga kami selalu mengecek jaringan internet kami, supaya tidak terjadi apa yang diluar dugaan kami,” jelasnya.

Ruslan (57), pasien penyakit jantung, dalam wawancara terpisah mengatakan, selama setahun ini, ia menggunakan BPJS Kesehatan tidak pernah mengalami kendala apapun. Ia juga menilai bahwa pelayanan yang diberikan juga baik.

“Tidak terjadi kendala, lancar-lancar saja. Entah itu saat mau berobat jantung maupun minta rujukan dilayani dengan baik,” pungkasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini