Anggota DPRD Jateng Endro Dwi Cahyono Adakan Ngaji Wayang Nusantara

Foto : Pagelaran Ngajio Wayang Nusantara/Suryamedia.id/M. Kafi

Pati, Suryamedia.id – Bantuan pemerintah terhadap pelaku kesenian lokal masih sangat terbatas. Padahal kondisi kelompok kesenian semakin terpinggirkan oleh hiburan kesenian modern dan budaya barat.

Berbagai kesenian seperti Ludruk, Wayang Orang, Kethoprak, Wayang Kulit, Macapat, atau Seni Tari harus bertahan hanya dengan modal semangat dari masing-masing kelompok.

Oleh karena itu, Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono mengadakan Pagelaran Ngaji Wayang Nusantara dengan tema Sirnaning Ampak-ampak Pandawa di Hall Rumah Makan Sapto Renggo Baru, Kamis (10/2/2022).

Endro menyampaikan, pagelaran Ngaji Wayang Nusantara sebagai komitmen membantu pelaku seni untuk tetap bertahan dalam kondisi sulit.

“Satu sisi lain, dikarenakan ada gempuran budaya modern yang sudah merasuki generasi milenial. Seperti drama korea dan budaya barat lainnya,” ujarnya saat melakukan konferensi pers.

Ia menambahkan, perlu adanya solusi baru untuk mendekatkan kesenian tradisional dengan para generasi milenial, seperti pembuatan konten video yang menarik dengan durasi pendek yang bertemakan cerita pewayangan dan di-upload di Youtube maupun Media Sosial (medsos).

Baca Juga :   Dewan Ingatkan Penggunaan Setrum untuk Basmi Hama Sawah Dilarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini