Harga Bahan Pokok Naik Jelang Ramadan

Harga Bahan Pokok Naik Jelang Ramadan
Foto: Ilustrasi bahan pokok di pasaran/diskominfotik.bengkaliskab.go.id/

Suryamedia.id – Menjelang bulan Ramadan, sejumlah bahan pokok dan sembako alami kenaikan harga.

Hal tersebut berdasarkan pantauan terakhir dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS).

Adapun salah satu bahan pokok yang mengalami kenaikan harga adalah cabai merah hingga rawit, sebagaimana disampaikan oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Harga cabai merah keriting naik 4,6 persen menjadi Rp53.800 per kilogram, cabai rawit hijau naik 2,19 persen menjadi Rp49 ribu per kilogram serta cabai rawit merah naik 4,91 persen menjadi Rp73.700 per kilogramnya,” kata Gatot dalam keterangannya, Selasa (8/3/2022).

Selain itu, bahan pokok lain yang mengalami kenaikan harga adalah gula pasir, yaitu dengan kisaran harga Rp15.550 per kilogram dengan kualitas premium. Sedangkan untuk beras kualitas super I berada di harga Rp13.100 per kilogramnya, dan untuk kualitas super II Rp12.650 per kilogramnya.

“sementara daging sapi naik 0,08 persen yaitu seharga Rp103.550 per kilogramnya,” sambungnya.

Tak jauh berbeda, harga minyak goreng curah juga kali ini mengalami kenaikan 1,18 persen menjadi Rp17.100 per kilogramnya.

Baca Juga :   Ramadan, Hiburan Malam Harus Tutup - News Grafis

“Juga pada minyak goreng kemasan merek 1 mengalami kenaikan 4,12 persen menjadi Rp20 ribu per kilogram, dan minyak goreng merek 2 mengalami kenaikan 2,7 persen menjadi Rp19 ribu per kilogram,” jelas Gatot.

Meski sejumlah bahan pokok dan sembako mengalami kenaikan harga, Gatot memastikan pihaknya terus memantau guna mengantisipasi adanya kelangkaan. Selain itu, ia juga memastikan stok kebutuhan bahan pangan dan sembako aman dalam beberapa bulan kedepan.

“Stok sembako saat ini hingga Lebaran mencukupi,” tukasnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini