Penumpang Kereta Api Tak Perlu Tes Antigen Mulai Hari Ini

Penumpang Kereta Api Tak Perlu Tes Antigen Mulai Hari Ini
Foto: Penumpang Kereta Api/PMJ News

Suryamedia.id – Mulai hari ini (9/3/2022), penumpang kereta api tak perlu menunjukkan hasil negative tes RT- PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding.

Kebijakan ini berlaku bagi penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau booster.

Menurut Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, aturan baru itu menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 25 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Maret 2022.

KAI senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” tutur Joni Martinus, dalam siaran persnya, Rabu (9/3/2022).

Sementara itu, untuk validasi data vaksinasi pelanggan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi.

Adapun, hasilnya, data vaksinasi pelanggan dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

Adapun syarat Naik Kereta Api Jarak Jauh diantaranya adalah

  1. Pelanggan telah divaksin Covid-19 minimal dosis ke-2.
    2. Surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam atau RT- PCR 3×24 jam sebelum jadwal keberangkatan, dikhususkan bagi Pelanggan dengan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan Pelanggan yang tidak/belum divaksin dengan alaan medis dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.
    3. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun syaratnya adalah didampingi orangtua dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Baca Juga :   Polda Jabar Akan Fasilitasi Korban Penipuan Doni Salmanan

Kereta Lokal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini