Penyaluran BPNT di Kabupaten Temanggung Telah Mencapai 97 Persen

Penyaluran BPNT di Kabupaten Temanggung Telah Mencapai 97 Persen
Foto: Evaluasi Penyaluran BPNT Tahap I tahun 2022, bersama Dinas Sosial Kabupaten Temanggung di aula Rumah Makan Kampung Sawah Temanggung, Rabu (9/3/2022)/jatengprov.go.id

Temanggung, Suryamedia.id – Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai ( BPNT) Tahap I Temanggung mencapai angka 97 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Eksekutif Manajer Kantor Pos Temanggung Arif Maulana saat membuka kegiatan Evaluasi Penyaluran BPNT Tahap I tahun 2022, bersama Dinas Sosial Kabupaten Temanggung di aula Rumah Makan Kampung Sawah Temanggung, Rabu (9/3/2022). Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya terus menggenjot penyaluran bantuan ini hingga 11 Maret 2022.

Arif mengungkapkan, Adapun total keseluruhan jumlah Keluarga Penerima Manfaat ( KPM) sebanyak 82.029, sedangkan untuk penyaluran sudah mencapai 80.215 KPM.

“Capaian kita sudah 97,79%, (dari) alokasi kita 82.029 Keluarga Penerima Manfaat ( KPM), sudah tersalurkan 80.215 KPM. Kita masih melakukan pembayaran dan memaksimalkan sampai tanggal 11 Maret 2022. Mohon bantuan teman-teman TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) untuk menginformasikan ke desa-desa, sehingga daya serapnya tinggi,” ujarnya.

Ditambahkannya, sesuai koordinasi Kantor Pos dengan Sekretaris Daerah, Dinas Sosial, dan TKSK, Kantor Pos akan menambah titik bayar dan mendata KPM untuk antisipasi potensi gagal bayar. Yaitu KPM yang telah mampu menurut desa, meninggal dunia, dan baru keluar kota atau pindah domisili.

Baca Juga :   News Grafis : Koordinasi Pengawas PPNS dan Penyidik Polri Diharap Mampu Tingkatkan Sinergi Penegakkan Hukum

“Petugas pos akan lebih on time, sehingga tidak terjadi kerumunan, seperti di hari pertama saat pembayaran,” tegasnya.

Kepala Dinsos Temanggung, Prasodjo menyampaikan, bantuan ini diharapkan untuk memenuhi kebutuhan pokok para penerima KPM.

“Kita tidak bisa mengecek satu per satu KPM yang berjumlah 82 ribu di Temanggung. Surat edaran dari Kemensos, tidak menyebutkan diperlukan struk atau nota, tidak merinci dan menentukan harus beli di mana. Rambu-rambunya hanya untuk beli sembako, bahan pangan, maka biar cepat pembayarannya diharapkan Kantor Pos menambah titik-titik pembayaran,” imbuhnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, tugas TKSK di program ini adalah membantu mengumpulkan KPM, dan memastikannya menerima uang bantuan sosial sembako tersebut.

“Sesuai surat edaran Sekda Kabupaten Temanggung, bahwa tentang pemanfaatan program bantuan sosial sembako, KPM bisa membelanjakannya di mana saja. Bisa di e-warung, warung sembako, warung tradisional, atau pasar tradisional,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Daya Sosial Dinsos Temanggung Adi Nugroho mengatakan, PT Pos Indonesia, Dinsos Temanggung, dan TKSK se-Kabupaten Temanggung bekerja sama menyukseskan program pemerintah ini, sesuai dengan tugas pokok fungsi yang sudah ditetapkan.

Baca Juga :   Warga Blora Mulai Terima BPNT Bentuk Tunai

“Capaian 97,79% ini merupakan bukti dan menunjukkan kerja sama yang baik antara PT Pos Indonesia selaku penanggungjawab yang menyalurkan, berkolaborasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Temanggung melalui tim koordinasi Bansos Pangan Kabupaten Temanggung, dan TKSK se-Kabupaten Temanggung yang membantu di lapangan,” tandasnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini