Jelang Ramadan, Berikut Tips Aman Terhindar Covid-19

Jelang Ramadan, Berikut Tips Aman Terhindar Covid-19
Foto: Ilustrasi Penyebaran Virus Covid-19/pixabay.com

Suryamedia.id – Pandemi Covid-19 hingga kini masih ada di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan tips aman agar terlindung dari virus Covid-19, terutama menjelang bulan ramadan dan lebaran.

Adapun salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menghindari penularan virus ini adalah dengan melengkapi vaksinasi, dan booster bagi para pemudik.

Tips tersebut diungkapkan oleh juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi.

“Pertama orang tuanya perlu melengkapi dosis secara lengkap bahkan juga Booster,” ujar Nadia dalam sebuah diskusi bertema ‘ Mudik, Booster, dan Masker’, dikutip dari siaran kanal YouTube MNC Trijaya, Minggu (26/3/2022).

Selain melakukan vaksinasi, juga penting untuk penerapan protokol Kesehatan secara ketat, terutama mengenakan masker.

Selain itu, lanjut Nadia, penerapan protokol kesehatan ketat juga harus tetap dilakukan. “Paling tidak orang tua mengenakan masker dan sang anak juga diajarkan agar menggunakan masker,” sambungnya.

Kemudian, bagi masyarakat yang hendak berwisata ke luar kota, maka perlu untuk memerhatikan kepadatan pengunjung. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi penularan di tempat yang padat.

Baca Juga :   News Grafis : Mitigasi Bencana Perlu Disiapkan di Wilayah Ibu Kota Baru, Terutama Bencana Akibat Tambang

“Paling penting dan yang keempat, sebenarnya kalau memang terlalu padat tempat- tempat wisata, sebaiknya dihindari. Apalagi kalau kita membawa anak- anak yang usianya di bawah 6 tahun,” terangnya.

Nadia juga mengungkapkan bahwa dengan adanya mobilitas masyarakat yang tinggi, maka perlu adanya langkah antisipasi dan perlindungan dengan vaksinasi booster. Ia pun mengaku optimis bahwa kini masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19.

Dia juga mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk ke tempat wisata. “Bukan hanya mudik saja, jadi Idul Fitri jadi arus untuk liburan juga, tempat wisata harus benar-benar menggunakan PeduliLindungi,” tukasnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini