PMI Temanggung Pastikan Stok Darah Aman Saat Ramadan

PMI Temanggung Pastikan Stok Darah Aman Saat Ramadan
Foto: PMI Temanggung Pastikan Stok Darah Aman Saat Ramadan/jatengprov.go.id

Suryamedia.idStok darah di Palang Merah Indonesia ( PMI) Kabupaten Temanggung dipastikan aman saat bulan ramadan 2022.

PMI juga terus mengupayakan untuk menambah ketersediaan stok darah, guna mengantisipasi terjadinya keadaan darurat, terutama untuk kebutuhan saat Lebaran.

Kepala Seksi Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Temanggung Awada juga mengatakan bahwa pihaknya menggelar sejumlah donor darah massal di pos darah. PMI Temanggung mengandalkan pos darah dari Komunitas Gereja dan Vihara selama Ramadan.

“Ini toleransi yang terbina di Temanggung dalam hal donor darah, sungguh indah, saling mengisi,” kata Awada, Rabu (6/4/2022) di kantornya.

Dikemukakan, selama Ramadan, ada tujuh komunitas yang terjadwal menggelar donor darah. Rencana dilakukan di vihara, gereja dan RS Ngesti Waluyo Parakan.

“Sejumlah komunitas lain masih menunggu konfirmasi. Antusiasme dari pendonor bagus, sehingga menjelang Ramadan 2022, mereka melakukan donor darah terlebih dahulu. Donor darah menyambut bulan Ramadan,” terangnya.

Awada mengatakan, dari sejumlah donor darah massal, dua di antaranya adalah yang dihelat di SMA Jumo dan SMK Tembarak dan berhasil mendapatkan ratusan kantong darah.

Baca Juga :   Dinas Pariwisata Yogyakarta Promosikan Potensi Wisata dengan Famtrip

“Sejumlah pendonor melakukan donor darah secara perorangan dan kelompok di PMI Temanggung,” tambahnya.

Staf UDD PMI Kabupaten Temanggung Anjar, mengatakan, ketersediaan darah golongan A sebanyak 36 kantong, golongan darah B 38 kantong, golongan darah O 111 kantong, dan golongan darah AB 21 kantong.

Anjar menjelaskan, untuk Trombosite Concentrate (TC) golongan darah B dan AB kosong, tetapi akan segera dipenuhi bila ada permintaan, sebab tenggang kedaluwarsanya hanya lima hari.

“Ada sejumlah kantong darah yang belum diproses. PMI biasanya memproses sesuai dengan permintaan dari pasien atau rumah sakit, khususnya untuk TC,” pungkasnya. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini