Inilah Penyebab Berat Badan Naik Drastis Ketika Berpuasa

 Inilah Penyebab Berat Badan Naik Drastis Ketika Berpuasa
Foto; Ilustrasi Kenaikan berat badan/pixabay.com

Suryamedia.id – Ketika sedang berpuasa, seseorang akan mengurangi makan dan minum. Sehingga seringkali momen ini dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Namun, sejumlah orang justru mengalami kenaikan berat badan Ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan. Terdapat sejumlah hal yang menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan Ketika puasa.

  1. Makan tanpa henti

Orang yang sedang berpuasa akan cenderung lebih sering makan Ketika sudah berbuka. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya penambahan berat badan Ketika puasa.

  1. Makan terlalu banyak

Porsi makan yang terlalu banyak juga menjadi faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan secara drastis.

Tidak hanya itu, porsi makan yang berlebih Ketika berbuka dan sahur, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

  1. Pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi

Pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi Ketika sahur dan berbuka juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan Ketika berpuasa.

Salah satu makanan yang dapat meningkatkan berat badan Ketika sering dikonsumsi adalah junk food. Kemudian jenis makanan yang tinggi lemak, kalori, gula, makanan bersantan, gorengan, dan minuman bersoda.

  1. Metabolisme melambat
Baca Juga :   Hari Puisi Nasional dan Chairil Anwar yang Saling Terkait

Berkurangnya asupan kalori secara drastis Ketika puasa, dapat menyebabkan melambatnya proses metabolisme. Dengan begitu, tubuh akan memperlambat pembakaran kalori. Sehingga berdampak pada penurunan frekuensi aktivitas dan menyebabkan menjadi kurang gerak.

Kurang beraktivitas dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan Ketika berpuasa.

  1. Intensitas tidur kurang

Ketika berpuasa seseorang cenderung mendapatkan durasi tidur yang berkurang daripada waktu normal.

Sebuah riset menyatakan bahwa dengan durasi tidur yang kurang memiliki hubungan erat dengan penambahan berat badan berlebih.

Hal ini terjadi lantaran, ketika tubuh kurang tidur, maka akan mengalami perubahan hormone yang akan meningkatkan rasa lapar.

Kemudian akan menyebabkan seseorang menjadi lebih banyak makan dan berisiko mengalami kenaikan berat badan. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini