Lindungi Ponsel Anda dari Hacker dengan Cara Ini

Lindungi Ponsel Anda dari Hacker dengan Cara Ini
Lindungi Ponsel Anda dari Hacker dengan Cara Ini/unsplash.com

Suryamedia.id – Pada era digital seperti sekarang ini, banyak jenis kejahatan yang mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi termasuk hacker. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada dan mulai memperhatikan keamanan data pribadi yang ada di ponsel Anda.

Anda dapat melakukan berbagai trik yang membantu dalam mengurangi resiko terkena hacking. Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi ponsel Anda.

Menggunakan Password Manager

Penggunaan aplikasi Password manager akan sangat membantu mengontrol password yang kita gunakan di berbagai layanan. Password manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah password yang Anda gunakan sama dengan di website lain.

Di sisi lain, ia juga bisa membantu memantau semua gadget yang kita pakai serta browser.

Cara memakai password manager adalah pertama, download password manager. Kemudian nyalakan autentifikasi dua faktor pada semua akun yang menawarkan. Biasanya hal tersebut ada di kebanyakan aplikasi. Langkah ini akan mengamankannya dari hacker. Bahkan meskipun password Anda sudah dikatongi pelaku.

Baca Juga :   Cara Mencegah Resiko Kejahatan Digital

Melakukan Update Secara Berkala

Anda perlu memastikan ponsel yang Anda miliki telah update dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru. Hal ini bertujuan untuk menjaga ponsel Anda terlindungi dari ancaman terkini.

Seringkali ponsel kita memberi peringatan pembaharuan sistem secara otomatis. Anda hanya perlu untuk tidak mengabaikan peringatan tersebut.

Namun jika Anda ingin memastikan, Anda bisa sekali-sekali mengecek di menu setting untuk melihat apakah ada update terbaru.

Mendownload Aplikasi Anti Virus

Banyak penyedia aplikasi anti virus yang dapat Anda download untuk mengamankan ponsel Android. Anda bisa memilih dari perusahaan yang sudah memiliki reputasi tinggi untuk melindungi smartphone, seperti Norton, Bitdefender maupun Kaspersky.

Anda juga bisa membaca review dari anti virus mana yang paling ampuh. Aplikasi antivirus akan membantu ponsel Anda aman dari virus dan juga dari malware.

Menggunakan Fitur Keamanan Bawaan

Setiap ponsel pasti memiliki fitur keamanan bawaan. Anda dapat menggunakan atau mengaktifkan berbagai fitur keamanan bawaan tersebut. Seperi misalnya opsi kunci layer dengan kata sandi, memasukkan PIN, pola, maupun fitur membuka kunci dengan wajah atau sidik jari.

Baca Juga :   Whatsapp Meluncurkan Tiga Fitur Baru, Apa Saja?

Anda juga dapat meningkatkan sistem keamanan saat membuat PIN maupun pola. Yaitu dengan cara memastikan kombinasi yang Anda masukkan sesulit mungkin namun mudah diingat bagi Anda sendiri.

Matikan Koneksi Bluetooth Saat Tidak Dibutuhkan

Koneksi bluetooth HP Android Anda bisa dengan mudah dihack oleh hacker. Terdapat penelitian yang telah memastikan bahwa peretas dapat memanfaatkan fungsi bluetooth untuk mendapatkan akses ke kontak telepon.

Jadi ketika Anda tidak menggunakan bluetooth, pastikan untuk menonaktifkan koneksi setelah memakainya. Selain itu, cara ini juga akan menghemat masa pakai baterai HP Anda.

Hindari Menyimpan Password di Browser

Seringkali saat Anda melakukan login di media sosial melalui web browser, Anda sering menemukan tampilan untuk menyimpan username dan password. Jika Anda sering menggunakan fitur tersebut, maka mulai saat ini Anda dapat segera menonaktifkan layanan tersebut.

Karena hacker dapat saja melakukan penyusupan ke browser lalu mengetahui password dan username yang sudah Anda masukkan. Tindakan ini sangat berbahaya karena hacker dapat saja meretas media sosial Anda. Oleh karena itu jangan pernah menyimpan password akun di web browser lagi.

Baca Juga :   Ternyata Ini Perdedaan Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality

Demikian tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi ponsel Anda dari para hacker. Semoga Anda dapat terbantu. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini