Hati-Hati ! Inilah Tanda Puasa Anda Sia-Sia

Hati-Hati ! Inilah Tanda Puasa Anda Sia-Sia
Hati-Hati ! Inilah Tanda Puasa Anda Sia-Sia/unsplash.com

Suryamedia.id – Ada hal-hal yang ternyata dapat menjadi tanda puasa Anda sia-sia meskipun telah berniat dan menahan lapar dari pagi hingga petang.

Saat menjalankan ibadah puasa, kita pasti berharap akan mendapatkan pahala dari puasa tersebut. Namun apabila Anda melakukan hal-hal yang dimakruhkan, maka pahala puasa Anda akan habis dan ibadah puasa Anda akan terasa sia-sia.

Berikut ini adalah tanda puasa Anda sia-sia. Simak baik-baik dan hindari melakukan hal-hal ini.

Pertama, melakukan kebohongan. Orang yang melakukan kebohongan atau berdusta merupakan salah satu penyebab puasa Anda sia-sia. Rasulullah telah bersabda dalam hadist yang artinya.

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan palsu dan pengamalannya, maka Allah tidak mempunyai keperluan untuk meninggalkan makanan dan minumannya,” (HR. Bukhari).

Kedua, orang yang mengumpat dan marah-marah di bulan puasa. Mengumpat juga termasuk perbuatan yang membuat pahala puasa kita berkurang, atau bahkan hilang sama sekali. Sehingga puasa menjadi sia-sia. Tak berbeda dengan marah. Marah menjadi salah satu penyebab pahala puasa Anda hilang.

Baca Juga :   Tempat-Tempat Angker di Yogyakarta

Ketiga, menggunjingkan orang lain. Siapa yang tak pernah bergunjing?. Kebiasaan ini biasanya terjadi saat acara kumpul dengan teman atau sahabat.

Namun, bergunjing menyebabkan pahala puasa Anda hilang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari aktivitas ini saat bulan Ramadan.

Larangan bergunjing termuat dalam QS. Al Hujurat: 12 yang artinya, “Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”

Keempat, saling mencela dan mengajak bertengkar. Meskipun dalam keadaan emosi, pastikan Anda tidak mencela atau mengajak bertengkar orang lain. Hal ini dapat membuat puasa Anda menjadi sia-sia. Puasa adalah saat yang tepat menahan nafsu emosi.

Rasulullah juga menuntunkan agar orang yang berpuasa menahan diri. Cukup dengan menjawab bahwa dirinya sedang berpuasa (innii shooim) untuk menghindari pertengkaran.

Kelima, mengeluarkan kata keji. Orang yang berkata rafats yang berarti pornografi atu keji, maka puasanya juga sia-sia.

Baca Juga :   Usir Nyamuk dengan Tanaman Berikut

Sebagaimana yang termuat dalam Muttafaq ’alaih yang artinya, “Puasa adalah perisai, maka barang siapa sedang berpuasa janganlah berkata keji dan mengumpat, jika seseorang mencela atau mengajaknya bertengkar hendaklah dia mengatakan: aku sedang berpuasa.”

Keenam, tidak ikhlas melakukan. Allah hanya akan menerima ibadah orang yang ikhlas. Tak terkecuali ibadah puasa.

Rasulullah pernah mengingatkan tentang banyaknya orang yang puasanya sia-sia melalui sabdanya yang berbunyi, “Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa baginya kecuali rasa lapar,”(HR. An-Nasai dan Ibnu Majah).

Keutamaan puasa juga hanya bisa diraih apabila didasari dengan iman dan hanya mengharap balasan dari Allah.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap perhitungan (pahala) akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih)

Itulah tanda-tanda puasa Anda sia-sia. Setelah mengetahui hal ini, semoga kita dapat terhindar dan dijauhkan darinya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini