Inilah Perayaan Unik Hari Kartini yang Ada di Indonesia

Inilah Perayaan Unik Hari Kartini yang Ada di Indonesia
Inilah Perayaan Unik Hari Kartini yang Ada di Indonesia/viva.co.id

Suryamedia.id – Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengenang perjuangan pahlawan emansipasi wanita RA Kartini. Bentuk perayaan yang sering kita temui adalah dengan memakai baju adat daerah salah satunya yaitu kebaya.

Namun, ternyata banyak perayaan-perayaan lain yang ada di Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kartini ini. Berikut rangkuman dari perayaan unik Hari Kartini yang ada di Indonesia.

Memakai Baju Adat

Di beberapa sekolah dan tempat kerja, biasanya mewajibkan untuk memakai kebaya atau baju adat dalam rangka memperingati Hari Kartini. Bahkan di beberapa tempat juga merancang kegiatan perlombaan guna menyemarakkan Hari Kartini.

Misalkan saja perlombaan mengenakan pakaian adat daerah, lomba pidato tema emansipasi wanita, lomba cerdas-cermat, menghias tumpeng, memasak, hingga kegiatan lain yang dianggap seru dan berakitan dengan Kartini atau wanita. Anda pasti pernah merasakannya sendiri.

Perayaan dengan Karnaval

Di lingkungan masyarakat, Hari Kartini biasanya dirayakan dengan melakukan karnaval. Peserta yang mengikuti kegiatan karnaval biasanya juga ikut mengenakan pakaian adat dari berbagai daerahnya. Bahkan ada beberapa pertunjukan seni yang juga ikut digelar.

Baca Juga :   Sunah-Sunah Sebelum Tidur dalam Islam

Balap Gerobak Sapi

Perlombaan ini memang terdengar agak aneh. Namun, kegiatan ini sering dilakukan oleh masyarakat di Desa Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogjakarta. Perlombaan tersebut memang telah menjadi kegiatan rutin masyarakat setiap Hari Kartini.

Sebagaimana tema dari perayaan, peserta lomba balap gerobak sapi ini dilakukan oleh para wanita. Lomba ini biasanya bisa diikuti sekitar 40 orang perempuan. Penilaian pemenang dilakukan sesuai siapa yang tercepat melaju dengan gerobak sapi yang disediakan.

Pertandingan Tenis Memakai Kebaya

Pertandingan tenis dengan memakai kebaya ini sering digelar warga Kota Surabaya. Kegiatan ini juga tak kalah unik dengan kota-kota lainnya. Pertandingan tenis memakai kebaya ini juga merupakan hiburan tersendiri bagi masyarakat Surabaya untuk memperingati Hari Kartini.

Upacara dengan Bahasa Jawa

Jika pada umumnya kita melakukan upacara dengan bahasa Indonesia, maka ada tradisi unik upacara dengan bahasa Jawa saat Hari Kartini. Upacara ini adalah sebuah lomba yang biasa dilakukan para pelajar di SMA Ksatrian 2 Semarang.

Lebih uniknya lagi petugas dan inspektur upacara dipimpin oleh para wanita lengkap dengan kostum kebayanya. Hal ini menjadikan perayaan Hari Kartini menjadi sangat unik disbanding dengan daerah-daerah lainnya.

Baca Juga :   Angel Lelga Cerita Jadi Mualaf dan Coba Dalami Islam

Lomba Fashion Show Para Penghuni Lapas

Lomba fashion show tidak hanya bisa digelar oleh para pelajar atau masyarat pada umumnya, namun juga para penghuni lapas. Hal inilah yang dilakukan oleh para penghuni Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas IIB Sukabumi.

Mereka melakukan fashion show untuk wanita. Puluhan tahanan perempuan ini diberikan kesempatan untuk berlenggak-lenggok di atas catwalk yang berada di tengah-tengah lapas.

Mereka akan memeragakan baju kebaya yang dikenakan di depan para tahanan lainnya. Tidak hanya fashion show, mereka bahkan juga diuji pengetahuan seputar Hari Kartini dan persoalan yang kerap dihadapi wanita.

Dengan lomba ini, mereka yang berasal dari latar belakang pengguna narkoba dan korban trafficking dapat mengubah kehidupannya menjadi wanita-wanita yang lebih baik. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini