Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Lebaran

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik /karosatuklik.com

Suryamedia.id – Mudik lebaran adalah momen yang paling ditunggu para perantau maupun keluarga di rumah. Pasalnya, setelah lama berpisah para anggota keluarga akhirnya dapat saling bertemu dan berkumpul.

Namun para pemudik juga perlu memperhatikan beberapa hal yang menjadi prosedur keselamat di jalan saat melakukan mudik.

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat mudik lebaran untuk perjalanan yang aman dan nyaman.

Periksa Keadaan Tempat Tinggal

Meskipun Anda merasa tak sabar ingin pulang dan bertemu keluarga, namun jangan sampai Anda terburu-buru pergi dan tidak memeriksa keadaan rumah atau kos tempat tinggal Anda.

Periksalah dengan teliti setiap sudut tempat tinggal Anda dari mulai dapur hingga gerbang. Cabutlah regulator gas di dapur, matikan keran, bersihkan bahan makanan yang mudah busuk dengan memberikannya pada teman atau tetangga Anda untuk menghindari bau yang tidak diinginkan saat Anda kembali.

Jangan lupa pula matikan aliran listrik, lampu, cabut stop kontak, dan matikan peralatan elektronik Anda.

Sebelum pergi, pastikan juga rumah telah terkunci. Untuk memastikan kondisi rumah tetap aman, Anda juga dapat memasang sistem keamanan.

Informasikan Keberangkatan Kepada kerabat

Sebelum pergi kabari dahulu keluarga atau kerabat Anda yang ada di rumah. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di jalan.

Baca Juga :   Mulai Besok, Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak 6-11 Tahun Akan Dimulai

Selain itu, keluarga juga tidak akan was-was memperkirakan apakah Anda sudah berangkat atau belum. Tidak hanya saat berangkat, Anda juga bisa menginformasikan posisi Anda terkini setiap transit atau istirahat. Karena banyak penjahat yang biasanya mengaku sebagai Anda dan meminta uang kepada keluarga.

Bawa Barang Secukupnya

Para pemudik biasanya suka membawa jajanan atau barang sebagai oleh-oleh kepada keluarga di rumah. Namun, perlu diperhatikan bahwa lebih baik Anda membawa barang secukupnya.

Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan umum salah satunya bus, sebaiknya membawa barang secukupnya. Hal ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Anda di perjalanan.

Hindari membawa barang berharga yang berlebihan. Sebab, bisa saja penjahat memanfaatkan momen mudik ini untuk melancarkan aksi kejahatannya.

Melakukan Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi menjadi hal yang disyaratkan bagi para pemudik oleh Pemerintah. Agar mudik Anda tidak terganggu di tengah jalan, pastikan Anda telah melakukan vaksinasi sebelum keberangkatan.

Vaksin ini juga berguna bagi kesehatan Anda sendiri, yaitu untuk menghindarkan Anda dari virus Corona yang memiliki berbagai jenis dan memastikan adanya kekebalan terhadap virus tersebut. Anda juga sebaiknya melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga atau booster.

Baca Juga :   Motor Karya Cileungsi Jawa Barat Akan Masuk Australia

Mengecek Kondisi Kendaraan

Hal yang tidak kalah penting adalah kondisi kendaraan yang akan Anda gunakan untuk mudik. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik, mesin normal, rem berfungsi dengan baik, aki baik, dan bahan bakar terisi penuh.

Apabila Anda mengalami kejadian yang tidak diinginkan di jalan, Anda bisa menghubungi pos pelayanan kepolisian di jalur mudik.

Beristirahat Saat Lelah

Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, jangan memaksakan diri dalam mengemudi. Akan lebih baik jika ada orang yang dapat menggantikan Anda mengemudi.

Namun apabila Anda sendirian, Anda wajib beristirahat dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari kelelahan di jalan atau rasa kantuk. Biasanya pengemudi wajib beristirahat sekitar 30 menit usai mengendarai mobil selama tiga jam.

Memakai Pakaian Nyaman

Pakaialah jaket saat Anda mengemudi dengan motor, untuk menghindari masuk angin atau debu jalanan. Anda juga bisa memakai pakaian yang mudah menyerap keringat, sehingga badan Anda tidak akan terasa terlalu gerah.

Karena mobilitas dan gerak Anda tinggi, pakailah pakaian yang juga memudahkan Anda dalam bergerak.

Baca Juga :   Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Kecelakaan di Bintaro

Hafalkan Rute Perjalanan

Pastikan sebelum berangkat Anda menghafal rute perjalanan utama Anda. Cek kepadatan volume kendaraan di jalan yang Anda lewati. Anda juga dapat mengecek rute alternatif yang disarankan saat jalur utama yang Anda lewati terlalu padat.

Hindari melewati rute yang memiliki kondisi jalan yang buruk jika memungkinkan. Patuhi juga rambu-rambu lalu lintas agar Anda terhindar dari kecelakaan.

Istirahat Cukup Sebelum Berangkat

Agar tidak mengantuk di jalan, Anda perlu untuk istirahat dan tidur cukup pada waktu sebelum berangkat mudik. Kondisi fisik yang lelah, akan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan di jalan.

Pastikan juga Anda melakukan santap sahur agar tidak lemas dan tetap memiliki kondisi tubuh yang fit. Jika diperlukan, Anda dapat mengonsumsi suplemen tambahan.

Itu dia tips mudik untuk perjalanan yang aman dan nyaman. Coba penuhilah hal-hal di atas agar Anda dapat sampai dengan selamat di tempat tujuan. Baca doa agar mudik Anda dilancarkan oleh Tuhan dan dapat dipertemukan dengan keluarga di rumah. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini