Kenali Perbedaan TV Analog dan Digital

Kenali Perbedaan TV Analog dan Digital
Kenali Perbedaan TV Analog dan Digital/dara.co.id

Suryamedia.id –Anda mungkin masih kebingungan bagaimana cara membedakan jenis TV mereka TV analog atau digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) telah menghentikan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) secara bertahap.

Oleh karena itu, masyarakat diminta segera beralih ke TV digital agar tetap dapat menikmati layanan televisi. Bagi masyarakat yang belum memakai layanan TV digital, perlu lebih dahulu memasang Set Top Box (STB). Set Top Box (STB) inilah yang nantinya berfungsi untuk mengkorvesi sinyal digital TV Anda pada TV analog biasa.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk memasang Set Top Box (STB) pada televisi Anda, ada baiknya Anda memastikan lebih dahulu apakah TV Anda benar masih berjenis TV analog atau sudah TV digital.

Berikut ini cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah TV Anda TV digital atau TV analog.

Mengecek Daftar Siaran Televisi

Cara kedua yang dapat Anda coba adalah dengan mengecek daftar siaran televisi Anda. Apabila TV Anda menampilkan siaran dengan tulisan HD pada belakang atau depan stasiun TV, maka dapat dipastikan televisi kamu telah mendukung siaran TV digital.

Baca Juga :   Fakta 10 Hero Terkuat Di Mobile Legends Bang - Bang

Ciri lainnya yaitu siaran digital biasanya memiliki sub channel, misalnya channel A-1 dan channel A-2. Contoh channel yang memiliki sub channel adalah TVRI. TVRI memiliki beberapa sub channel yaitu TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, dan TVRI Sport HD.

Mengecek Stiker yang Tertera di Televisi

Televisi yang Anda miliki pada umumnya memiliki stiker pada bagian depan dekat layar. Setiap televisi memiliki stikernya masing-masing. Anda dapat mengecek stiker tersebut untuk melihat apakah TV Anda sudah digital atau masih analog.

Apabila TV Anda telah mendukung siaran TV digital, maka akan ada stiker yang bertuliskan ATSC, DTV, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Ready,Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver.

Mengecek Melalui Situs Resmi Kemenkominfo

Apabila ketiga cara di atas masih tidak dapat meyakinkan Anda mengenai jenis TV Anda, maka jalan lain yang dapat Anda coba Adalah dengan mengecek melalui situs resmi Kemen- Kominfo.

Caranya, pertama Anda harus masuk ke laman Kemen- Kominfo siarandigital. kominfo.go.id. Setelah itu, pilih menu bertuliskan “Perangkat TV Digital”. Pada pilihan menu kategori, pilih opsi “Televisi”.

Baca Juga :   Tutorial Cara Menggunakan Fitur Whatsapp Terbaru 2022

Setelah itu, Anda harus mengisi merek serta model atau tipe yang sesuai dengan TV Anda. Apabila TV Anda sudah mendukung siaran digital, maka akan tampil pada situs ini.

Demikian cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek apakah TV Anda adalah TV digital atau analog. Anda bisa mencoba melakukan cara-cara di atas sebelum memutuskan untuk membeli dan memasang Set Top Box (STB).

Mengecek Secara Manual Spesifikasi Televisi

Anda dapat dengan mudah mengecek jenis TV Anda melalui spesifikasi televisi pada situs resmi merk televisi Anda. Untuk dapat mengecek spesifikasi televisi Anda, Anda cukup memasukkan nomor model televisi Anda pada halaman resmi merek TV tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa memastikan dengan cara menghubungi kontak dari toko di mana Anda membeli perangkat tersebut. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini