Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut

Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut
Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut /halodoc.com

Suryamedia.idBau mulut memang sangat mengganggu bagi kepercayaan diri kita. Bau mulut sebenarnya dipengaruhi oleh keadaan mulut yang kering karena kekurangan makan atau minum.

Kondisi tersebut menyebabkan kadar air liur dalam mulut yang biasanya berfungsi untuk membersihkan bakteri atau sel-sel mati penyebab bau mulut juga berkurang.

Berikut ini contoh makanan yang dapat membantu Anda dalam mengatasi bau mulut saat berpuasa.

Pertama, buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran segar seperti apel, pir, wortel, dan sayur seledri dapat membantu menghasilkan air liur di dalam mulut. Sehingga akan mampu membersihkan bakteri pemicu bau tidak sedap di dalam mulut Anda.

Mereka juga memiliki kandungan yang kaya akan serat, dimana kandungan tersebut dapat pula membantu membersihkan bakteri dan kotoran dari gigi ketika kita mengunyah makanan.

Kedua, yoghurt. Yoghurt merupakan makanan yang mengandung probiotik dan disertai dengan bakteri baik. Hal ini akan dapat memerangi bakteri jahat yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Hal ini dikuatkan dengan sebuah studi dari International Associations for Dental Research yang menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi tiga ons  yoghurt bebas gula dua kali sehari selama enam minggu, menunjukkan tingkat bakteri penyebab bau mulutnya lebih rendah. Berbanding terbalik dengan peserta yang tidak mengonsumsi  yoghurt.

Baca Juga :   Tips Merawat Lensa Kontak Agar Tetap Aman

Ketiga, parsley dan basil atau kemangi. Parsley dan basil atau kemangi mengandung polifenol, bahan kimia alami yang menurut penelitian bekerja sebagai obat pencegah bau mulut. Mereka juga menjadi pengganti bawang putih yang tepat di dalam dapur, karena memiliki rasa yang kuat

Keempat, buah ceri. Dilansir dari Smile Direct Club, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri mampu menghilangkan bau methyl mercaptan, yaitu gas yang menjadi penyebab bau mulut.

Gas tersebut diproduksi secara alami setelah mengonsumsi makanan, terutama setelah mengonsumsi bawang serta beberapa jenis keju.

Kelima, teh hijau. The hijau mengandung sejumlah senyawa katekin. Senyawa ini merupakan sebuah antioksidan alami yang dapat ditemukan di teh hijau. Senyawa inilah yang akan mampu melawan bakteri penyebab bau mulut.

Sama seperti daun parsley dan kemangi, teh hijau juga mengandung polifenol yang mana dapat mencegah bau mulut.

Keenam, permen karet. Peremen karet membantu membersihkan makanan dan sel-sel mati dari gigi pemicu bau mulut Anda.

Namun jangan sembarang permen karet. Permen karet yang manis malah akan menyebabkan kerusakan gigi. Oleh sebab itu, sebaiknya mengunyah permen karet yang memiliki kandungan tanpa gula atau yang mengandung pemanis alami dari serat tanaman xylan atau xylitol. Permen karet dapat menjadi makanan yang menyenangkan dimakan serta dapat membantu mengatasi masalah bau mulut Anda.

Baca Juga :   Haid di Bulan Ramadan, Inilah Amalan yang Dapat Anda Lakukan

Ketujuh, jahe. Jahe pasalnya mengandung senyawa 6 gingerol yang mana dapat merangsang enzim dari air liur untuk memecahkan senyewa sulfur di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Sehingga jahe akan membuat nafas Anda menjadi lebih segar.

Kedelapan, buah lemon. Melansir dari Periodontal Associates of Memphis, lemon memiliki bau yang kuat. Bau ynag kuat ini dapat membantu menutupi bau mulut jika dikonsumsi. Lemon juga termasuk dalam salah satu buah yang paling mudah ditemukan di supermarket atau pasar tradisional.

Sehingga Anda dapat dengan mudah mencobanya. Cara penyajiannya juga tidak susah, cukup siapkan lemon yang dicampur dengan air hangat. Lalu Anda bisa meminumnya saat sahur atau berbuka.

Kesembilan, almond dan kacang-kacangan. Almond dan kacang-kacangan lainnya mengandung serat yang berlimpah. Serat sangat baik untuk menangkal bau mulut, karena berfungsi seperti sikat gigi dalam membersihkan bakteri serta kotoran dari gigi ketika kita mengunyah makanan.

Anda bisa mulai menyetok kacang-kacangan mulai sekarang di rumah.

Kesepuluh, Air susu. Kadar lemak dan air yang ada di dalam susu ternyata lebih tinggi. Sehingga mampu menetralkan bau mulut bagi Anda yang mengonsumsinya.

Baca Juga :   4 Tips Atasi Mood Swing Saat Menstruasi, Wajib di Coba

Demikian contoh makanan yang dapat membantu Anda dalam mengatasi bau mulut saat berpuasa. Sekarang Anda tidak perlu risau lagi dan bisa lebih percaya diri saat berkumpul dengan teman atau rekan kerja Anda. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini