PDM Batang Gelar Pasar Subuh Sembako Gratis

PDM Batang Gelar Pasar Subuh Sembako Gratis
Foto: Pasar subuh sembako gratis ini digelar di asjid Al-Furqon Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022)/batangkab.go.id

Batang, Suryamedia.id – Sebagai upaya untuk meramaikan masjid, yang seringkali sepi Ketika ibadah salat Subuh, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Batang menggelar pasar subuh sembako gratis.

Pasar subuh sembako gratis ini digelar di asjid Al-Furqon Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (28/4/2022).

Dalam kegitan ini, juga turut dihadiri oleh Bupati Batang Wihaji, Ketua PDM Kabupaten Batang Ali Trigiatno dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang Nur Untung Slamet.

“Dilanjutkan, itikaf semalam suntuk di mulai dari jam 9 malam hingga sahur bersama dengan menu khas rawon. Pada kegiatan sholat subuh sendiri ada yang unik berbeda dari yang lain yaitu Pasar Subuh Sembako Gratis,” jelas Ketua PDM Kabupaten Batang Ali Trigiatno.

Dalam kegiatan yang digelar pada waktu subuh ini, terdapat hal yang unik dibandingkan dengan pembagian sembako pada umumnya. Dimana warga diberikan kebebasan untuk memilih kebutuhan yang diperlukan dengan diberikan jumlah batasan hingga enam jenis.

“Semangat inilah yang membuat PDM Kabupaten Batang mempunyai inovasi yang berbeda dari daerah lainnya, yaitu masyarakat bisa memilih sendiri kebutuhan apa yang diperlukan dengan maksimal mengambil 6 jenis sembako,” terangnya.

Baca Juga :   Covid-19 Meningkat, Pendaftar Haji Menurun

Terdapat total ratusan sembako yang disediakan, dengan total hingga 11 jenis.

“PDM Kabupaten Batang menyediakan 170 total sembako dari 11 jenis sembako seperti beras, minyak goreng, gula dan lain-lain,” ungkapnya.

Ali juga menjelaskan bahwa pihaknya akan mengusahakan kegiatan ini, setiap sebulan sekali.

“Kegiatan seperti ini akan kita usahakan setiap sebulan sekali dan kedepannya tidak hanya sembako saja, tapi ada berbagai macam-macam sayuran,” imbuhnya.

Pasar subuh sembako gratis ini lantas mendapatkan apresiasi dari bupati Batang Wihaji.

“Maka, tadi setelah diberikan kabar ada acara ini saya langsung akan datang kesana karena kegiatan ini baru pertama kali ada di Kabupaten Batang,” tutur bupati.

Ia menilai bahwa kegiatan ini memiliki manfaat yang baik untuk mendorong para warga meramaikan masjid Ketika ibadah salat subuh.

“Tetapi Insyaallah saya percaya kedepan lama-lama yang sebelumnya hadirnya tidak ikhlas karena sembako gratis menjadi ikhlas,” ujar dia.

Ia berharap, kegiatan Pasar Subuh Sembako Gratis dapat menginspirasi masjid- masjid lain untuk melakukan hal ini dan dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali. (*)

Baca Juga :   Mulai Desember 2021, WNI Diizinkan Masuki Arab Saudi Tanpa Karantina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini