Makanan Lebaran Khas Daerah Jawa Tengah

Makanan Lebaran Khas Daerah Jawa Tengah
Makanan Lebaran Khas Daerah Jawa Tengah/unsplash.com

Suryamedia.id – Momen lebaran merupakan momen yang paling membahagiakan bagi umat Islam. Karena pada momen ini para anggota keluarga dapat berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas yang disenangi bersama.

Hal yang tidak lepas dari momen lebaran adalah makanan khas lebaran. Makanan khas lebaran menjadi salah satu hal yang ditunggu kebanyakan orang. Makanan khas lebaran pada tiap daerah biasanya berbeda-beda tergantung dari jenis makanan yang biasa disantap daerah tersebut.

Berikut ini adalah makanan lebaran khas daerah Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui.

Pertama, opor ayam. Anda pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Opor adalah satu menu khas Jawa Tengah yang wajib hadir disajikan pada setiap kumpul keluarga di momen lebaran 2022.

Makanan ini memiliki bahan dasar daging ayam yang dipadukan kuah santan yang dibumbui beragam rempah-rempah. Kuah opor berwarna kuning dan makanan ini sangat cocok disantap dengan ketupat atau lontong.

Kedua, ketupat dan lepet. Masyarakat Jawa Tengah biasanya membuat lepet bersamaan dengan ketupat.

Baca Juga :   Waspadai Tanda Skincare Berbahaya

Kupat adalah makanan khas Jawa Tengah yang wajib ada. Kupat dalam tradisi Jawa Tengah memiliki arti ngaku lepat yang dalam bahasa Indonesia ngaku yang artinya mengaku dan lepat adalah kesalahan.

Sehingga kupat bisa disimbolkan sebai kegiatan saling mengakui kesalahan pada saat lebaran.

Sedangkan untuk lepet sendiri ternyata juga memiliki filosofi yang dalam.

Jika kupat artinya mengakui kesalahan, maka lepet ini berasal dari bahasa jawa “silep kang rapet” yang diartikan dikubur dalam-dalam. Artinya di momen lebaran, manusia harus saling memaafkan dan tidak mengungkit-ungkit lagi kesalahan satu sama lain.

Ketiga, sambal goreng ati. Masakan ini merupakan jenis lauk yang dibuat dari ati ampela ayam atau sapi. Bisa juga ditambahkan dengan jeroan lain. Lauk ini biasanya disajikan sebagai pendamping dari sayur opor yang menambah rasa pedas.

Keempat, lodeh nangka. Lodeh nangka biasanya juga disajikan bersamaan dengan lontong atau ketupat sebagaimana opor.

Sajian kombinasi antara lontong dan sayur lodeh nangka ini bahkan menjadi menu kuliner khas salah kota di Jawa Tengah yaitu di kota Kudus dengan sebutan nama Lentog.

Baca Juga :   Inilah 5 Jenis Gender di Suku Bugis

Itulah dia makanan lebaran khas daerah Jawa Tengah yang perlu Anda ketahui. Para warga Jawa Tengah pasti sudah sering menyantap makanan tersebut di hari lebaran atau bahkan menjadikan makanan tersebut sebagai makanan favoritnya saat di rumah. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini