Berikut Gejala Awal dan Cara Pencegahan Penyakit Hepatitis Misterius

Berikut Gejala Awal dan Cara Pencegahan Penyakit Hepatitis Misterius
Foto: Berikut Gejala Awal dan Cara Pencegahan Penyakit Hepatitis Misterius/Pixabay.com

Suryamedia.id – Pandemi Covid-19 belum usai, kini dunia termasuk Indonesia Kembali digemparkan dengan penyakit hepatitis misterius.

Penyakit hepatitis misterius ini menular melalui pencernaan dan saluran pernapasan. Oleh karenanya, perlu untuk mengenali gejala awal penyakit ini, serta cara pencegahannya.

Seorang dokter spesialis anak, Prof Dr dr Hanifah Oswari SpA(K) mengatakan bahwa kematian bisa dicegah dengan menemukan gejala hepatitis misterius yang tidak diketahui pasti penyebabnya sejak awal.

Ia menyarankan kepada para orang tua untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap anak, dengan melakukan sejumlah tindakan pencegahan. Salah satu langkah awal untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menjaga kebersihan diri dan juga lingkungan.

“Untuk mencegah dari saluran pencernaan, jagalah kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi itu matang,” kata Hanifah Oswari dalam keterangannya seperti dikutip, Jumat (6/5/2022).

Menurut Hanifah, secara umum gejala awal penyakit hepatitis misterius adalah mual, muntah, sakit perut, diare, kadang disertai demam ringan. Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna gelap.

Baca Juga :   Pemkot Bandung Kaji Kapasitas Penonton Saat Piala Presiden

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini