Uang Kuno Indonesia yang Bernilai Tinggi

Uang Kuno Indonesia yang Bernilai Tinggi
Uang Kuno Indonesia yang Bernilai Tinggi /idxchannel.com

Suryamedia.id – Uang berperan sebagai alat pembayaran yang berlaku dalam suatu negara. Uang biasanya memiliki nilai yang sama dengan nominal yang tertera pada uang tersebut.

Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi uang kuno Indonesia ini. Uang yang sudah tidak berlaku sebagai alat pembayaran yang sah ini justru malah bernilai tinggi. Sehingga, banyak orang yang mencarinya baik untuk dijual maupun untuk dikoleksi secara pribadi.

Berikut ini uang kuno Indonesia yang bernilai tinggi.

Pertama, uang kertas Rp500. Uang kertas Rp500 merupakan uang kuno dengan ciri memiliki gambar orang utan. Uang ini diterbitkan pada tahun 1992 silam. Uang ini telah ditarik dari peredarannya sejak dikeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 8/27/PBI/2006.

Uang kuno ini masih memiliki nilai yang tinggi karena banyak kolektor yang memburunya. Uang kuno ini laku dijual dengan harga mulai dari Rp5000 hingga Rp100 juta per lembar di pasaran. Apabila Anda memiliki uang kuno ini, Anda bisa mencoba menjualnya sendiri.

Kedua, uang koin pecahan Rp25. Uang kuno yang paling dicari selanjutnya yaitu koin Rp25. Pemerintah Indonesia mengeluarkan uang ini pada tahun 1992.

Meskipun uang koin ini memang sudah tidak diedarkan, namun beberapa orang masih memiliki dan mengumpulkannya sebagai koleksi.

Baca Juga :   Kemenkes Sebut Vaksinasi Booster Paling Lambat Diberikan Awal Februari

Uang ini diketahui dapat laku dijual di pasaran dengan harga Rp100 juta per keping. Harga yang fantastis bukan.

Ketiga, uang koin Rp50.  Tidak hanya pecahan Rp25, uang pecahan Rp50 juga memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran. Uang ini merupakan keluaran tahun 1971, lebih tua dari uang Rp500 dan Rp25.

Uang koin Rp50 memiliki ciri gambar burung cendrawasih pada bagian sisinya. Uang koin Rp50 bisa terjual dengan harga Rp100 juta per keping di pasaran.

Keempat, uang koin Rp100. Uang kuno Indonesia termahal selanjutnya yaitu uang koin Rp100. Uang kuno ini dikeluarkan pada tahun 1978 dan kini sudah tidak dipergunakan lagi sebagai mata uang. Uang ini memiliki gambar wayang dan rumah gadang pada masing-masing sisinya.

Apabila Anda menjualnya, maka uang ini bisa mencapai harga di pasaran sekitar Rp100 juta per keping.

Kelima, uang koin pecahan Rp1000. Uang koin pecahan inii dikeluarkan pada 8 Maret 1993. Uang ini memiliki ciri bentuk bulat pipih dan cukup tebal yang mana bagian tengah berwarna seperti tembaga dan bagian luar seperti perak.

Baca Juga :   News Grafis : Retakan Tanah Baru Muncul di Daerah Magelang, Warga Diimbau Waspada

Uang ini memiliki ciri gambar  kelapa sawit dan memiliki berat sekitar 8,60 gram dengan tebal Rp2,40 mm.

Pada bagian luar diameternya 26 mm sedangkan diameter di dalamnya sekitar 18 mm. Uang ini ternyata memiliki harga yang fantastis yaitu berkisar Rp100 juta per keping.

Keenam, uang kertas pecahan Rp5000. Uang ini memiliki ciri desain perempuan mengenakan kebaya sembari memegang padi.

Saat ini harga jual dari uang ini mampu mencapai Rp10 juta lebih.

Ketujuh, uang koin Rp200. Uang kuno Indonesia termahal lainnya yaitu uang koin Rp200 yang dikeluarkan pada tahun 1945-1970.

Uang ini memiliki ciri gambar burung cendrawasih dan garuda pada masing-masing sisinya. Saat ini uang kuno ini bisa berharga sekitar Rp400-500 ribu.

Kedelapan, uang koin Rp250. Uang kuno ini memiliki ciri gambar burung garuda dan parung Manjusri dari Candi Tumpang Malang.

Uang kuno tersebut ternyata hanya beredar di masyarakat sebanyak 5000 keping. Uang ini termasuk uang yang cukup langka.  Oleh karena itu, uang ini memiliki harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp500 ribu.

Kesembilan, uang koin Rp500. Uang koin pecahan Rp500 ini memiliki gambar desain burung garuda dan penari wayang pada sisinya. Para kolektor pun banyak yang mencari dan menyukai uang pecahan ini.

Baca Juga :   Pemkot Yogyakarta Gelar ‘Sekati YK ing Mal’

Uang kuno Rp500 ini apabila dijual mampu mencapai harga sekitar Rp500-600 ribu.

Kesepuluh, uang koin Rp1000. Uang kuno Indonesia termahal yaitu uang koin pecahan Rp1000. Uang ini memiliki gambar burung garuda dan Jenderal Soedirman. Uang kuno ini dijual dengan harga Rp800 ribu – Rp1 juta.

Selain itu uang koin Rp2000 juga mampu mencapai Rp2 juta lebih. Harga tersebut dikarenakan uang koin ini diproduksi sedikit yaitu hanya sekitar 2970 keping. Hal lain yang membuat harganya mahal yaitu karena uang koin ini memiliki 90% kadar emas di dalamnya.

Uang koin lain yang diketahui memiliki kadar emas adalah uang koin Rp5000. Uang ini juga hanya diproduksi sekitar 2150 keping dengan kandungan emas 90%. Harga jual uang koin ini mencapai Rp 3 juta dan akan berubah mengikuti harga emas.

Dan yang terakhir ada uang koin Rp10.000. Uang kuno ini memiliki kandungan emas 90% dan hanya diproduksi sekitar 1440 keping. Harga uang ini sekitar Rp4 juta dan juga tergantung dari harga emas pada saat itu. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini