Super App Terbaik di Asia Tenggara, Apa Saja?

Super App Terbaik di Asia Tenggara, Apa Saja?
Super App Terbaik di Asia Tenggara, Apa Saja?/unsplash.com

Suryamedia.id – Kemudahan digital melahirkan inovasi-inovasi dari perusahaan besar untuk mengembangkan aplikasi yang dimiliki menjadi super app terbaik.

Hal tersebut juga berlaku bagi perusahaan teknologi yang kini tengah berlomba-lomba untuk mewujudkan sebuah platform aplikasi super atau yang biasa dikenal dengan nama super app. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penyediaan layanan yang lebih variatif dan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Selain itu, hal tersebut juga dilakukan dalam rangka untuk memenuhi lebih banyak ragam kebutuhan manusia serta menarik perhatian pasar global.

Prinsip atau cara kerja dari super app adalah menyediakan lebih dari satu jenis layanan dalam satu aplikasi. Atau satu aplikasi yang dapat melakukan berbagai hal sekaligus.

Konsep ini sama dengan konsep one-stop shopping yang ada di mall. Super app memudahkan para pengguna untuk menemukan berbagai layanan yang dibutuhkan serta dapat menghemat ruang penyimpanan smartphone karena tidak perlu mengunduh banyak aplikasi untuk mendapatkan berbagai layanan.

Perusahaan Ipsos merilis laporan survei yang berisi daftar super app terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2022. Tolak ukur yang digunakan oleh perusahaan ini yaitu super app ditetapkan sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga jenis layanan digital.

Baca Juga :   Mengenal Clubhouse, Aplikasi Obrolan Audio

Berdasarkan hasil survei tersebut, ada tujuh super app terbaik di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2022. Super app yang menduduki posisi pertama yaitu ada Grab dengan jumlah 63%. Aplikasi ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi keberadaannya sudah menjamur di Indonesia.

Di posisi kedua ada super app Shopee yang merupakan platform belanja bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Platform ini memiliki jumlah 52%.

Sedangkan di posisi ketiga ada Lazada dengan jumlah 42%, diikuti dengan Gojek 22%. Sedangkan super app di tiga terbawah secara berturut-turut ada Tokpedia 14%,  Traveloka 12%, dan Air Asia 10%. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini