Ciputat Jadi Wilayah dengan Suhu Terpanas

Ciputat Jadi Wilayah dengan Suhu Terpanas
Ciputat Jadi Wilayah dengan Suhu Terpanas/halodoc.com

Suryamedia.id – Akhir-akhir ini sejumlah wilayah di Indonesia tengah mengalami suhu panas. Menurut laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan bahwa suhu panas mencapai 36,1 derajat celcius.

BMKG memantau beberapa wilayah di Indonesia memiliki suhu panas yang beragam setiap harinya. Tercatat, suhu maksimum yang terukur selama tanggal 1 Mei hingga 7 Mei 2022 berada di kisaran antara 33-36,1 derajat celcius.

Wilayah Tangerang hingga Banten dan Kalimar- Kalimantan Utara mengalami suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celcius.

Sementara itu di wilayah Jabodetabek, Ciputat Tangerang Selatan menjadi daerah dengan suhu paling panas dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan situs resmi BMKG, stasiun titik pengamatan memperlihatkan Ciputat sebagai daerah dengan suhu terpanas sejak hari Minggu, 7 Mei 2022. Hanya pada Selasa, 10 Mei Ciputat ada di urutan ketiga wilayah dengan suhu terpanas di Indonesia dengan suhu antara 35-36 derajat celcius.

“Bisa Ciputat disebut sebagai daerah dengaa suhu terpanas itu diambil dari data di titik pengamatan,” kata Fahry Rajab, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG dilansir dari CNNIndonesia.com.

Baca Juga :   Jakarta Terapkan Aturan Operasional di Pusat Perbelanjaan Saat Nataru

Lebih lanjut, Fahry menjelaskan bahwa cakupan wilayah yang masuk dalam pengamatan di stasiun BMKG Ciputat tergantung jenis permukaannya. Apabila permukaannya datar, suhu akan relatif sama dalam radius yang luas.

Fahri juga memastikan jika suhu panas yang terjadi saat ini tidak akan mencapai 40 derajat celcius seperti yang pernah terjadi di Larantuka pada tahun 2012.

“Sampai akhir musim kemarau (November 2022) mungkin saja suhnya mencapai 36 derajat. Tapi tidak sampai 40 derajat seperti info yang beredar,” sebut Fahry.

“Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8 derajat celcius di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38.8 derajat celcius di Temindung Samarinda pada tahun 2018,” ungkap BMKG melalui rilis resminya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini