Olivia Rodrigo Ternyata Punya Sinestesia

Olivia Rodrigo Ternyata Punya Sinestesia
Olivia Rodrigo Ternyata Punya Sinestesia /thred.com

Suryamedia.id – Penyanyi terkenal Olivia Rodrigo ternyata memiliki kemampuan unik bernama sinestesia. Hal ini ia ungkapkan dalam wawancara dengan Vogue untuk Met Gala 2022.

Sinestesia sendiri merupakan kondisi neurologis di mana ketika satu indera diaktifkan, indera lain yang tidak terkait diaktifkan pada saat yang sama. Fenomena neurologis langka ini juga bisa membuat seseorang mampu merasakan suatu warna.

Sinestesia membuat otak menimbulkan beberapa persepsi berupa penglihatan, suara, ataupun rasa dari suatu respons indera.

Kata sinestesia sendiri sudah dikenal lama sejak abad ke-19. Fenomena langka ini ditemukan berdasarkan laporan orang-orang yang mengaku melihat warna lain saat mereka menulis menggunakan pena hitam.

Olivia Rodrigo mengaku bahwa ketika dia mendengar musik, dia juga bisa melihat warna. Dan saat Olivia mendengarkan musiknya sendiri, ia melihat banyak warna yang sama.

Olivia juga mengatakan bahwa banyak lagu di SOUR yang berwarna ungu, lagu Divers License juga berwarna ungu, namun lagu Good 4 U memiliki warna ungu kebiruan. Sedangkan lagu Jealousy, Jealousy berwarna merah terang dan lagu Deja Vu berwarna oranye pink dan ungu muda.

Baca Juga :   Film Horor The Black Phone Tayang di Indonesia! Simak Detailnya

Oleh karena itu, seluruh cover dan merch album SOUR milik Olivia pun berwarna ungu. Dia memang menjadikan warna sebagai bagian dari estetika ciri khasnya.

Ada alasan mengapan fenomena ini dapat terjadi. Berdasarkan beberapa teori mengatakan bahwa  fenomena sinestesia dapat terjadi disebabkan karena otak orang ini memiliki sambungan neuron yang berbeda atau sambungan ekstra yang berbeda dengan otak pada umumnya.

Dalam suatu studi pencitraan otak, menunjukkan bahwa otak seseorang yang mampu merasakan warna atau kemampuan serupa mengalami peningkatan aktivitas pada bagian yang memproses warna, bersamaan saat sedang mendengar suatu kata.

Barangkali hal itulah yang juga terjadi pada otak dari penyanyi muda yang di idolakan banyak orang ini. Terlepas dari kemampuan unik yang dimilikinya ini, ia memang telah dikenal atas kemampuannya dalam bernyanyi. Kebanyakan lagu yang dinyanyikan Olivia Rodrigo merupakan ciptaannya sendiri.

Olivia yang berusia 19 tahun ini juga meraih tiga Grammy Awards untuk nominasi pertamanya. Dia juga membuat sejarah sebagai artis termuda ketiga yang memenangkan Best New Artist setelah LeAnn Rimes dan Christina Aguilera. (*)

Baca Juga :   Purwadi Pemeran Rita Warintil Meninggal Dunia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini