Tips Bagi Anda yang Ingin Mulai Berinvestasi  

Tips Bagi Anda yang Mulai Berinvestasi
Tips Bagi Anda yang Mulai Berinvestasi /unsplash.com

Suryamedia.idInvestasi kini sudah mulai dikenal masyarakat. Banyak yang mulai menyadari pentingnya melakukan investasi bagi masa depan mereka.

Masyarakat kini juga sudah mulai merasakan pentingnya memiliki passive income melalui investasi. Mereka mulai tergerak untuk mulai berinvestasi mengingat banyak tokoh dan akses informasi yang memudahkan masyarakat belajar mengenai investasi.

Tingginya minat untuk berinvestasi, terkadang juga membuat para investor pemula sering kali belum memiliki pengetahuan yang cukup dan hanya ikut-ikutan saja. Padahal, ada beberapa hal mendasar mengenai investasi yang perlu diketahui, sehingga para pemula ini tidak akan gegabah saat melihat  pertumbuhan portofolio investasinya yang tidak sesuai ekspektasi.

Berikut ini tips berinvestasi bagi para investor pemula.

Pertama, miliki tujuan yang jelas atau asal ikut. Kesalahan investor pemula biasanya adalah tidak punya tujuan jelas. Kesalahan tersebut merupakan yang paling umum terjadi.

Investasi pada dasarnya dilakukan demi mencapai suatu tujuan tertentu di masa depan. Apabila Anda  berinvestasi hanya dengan tujuan untuk mencari keuntungan tanpa disertai tujuan yang terencana, maka Anda dapat saja tergiur dengan keinginan sesaat.

Baca Juga :   Tradisi Tarawih Unik dari Berbagai Daerah

Ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu tujuan dan target investasi Anda sebelum mulai investasi.

Kedua, membagi portofolio atau menempatkan investasi tidak pada satu tempat. Prinsip investasi yang perlu diketahui adalah don’t put your egg in one basket, yang berarti jangan taruh investasi Anda pada satu tempat saja.

Setiap instrumen investasi tetap memiliki risikonya masing-masing. Apabila Anda hanya menaruh uang Anda pada satu produk investasi saja dan di masa mendatang kinerjanya kurang baik, Anda bisa rugi.

Untuk meminimalisir risiko ini, Anda bisa diversifikasikan dana ke beberapa produk investasi sesuai dengan tujuan keuanganmu. Hal ini agar apabila terjadi kerugian pada satu instrument, maka Anda masih memiliki cadangan investasi di instrument yang lain.

Ketiga, jangan terlalu sering mengecek pergerakan nilai portofolio setiap hari. Apabila Anda berinvestasi di reksa dana saham, sedangkan pergerakan nilai portofolio investasi Anda mengalami penurunan pada hari tersebut Anda akan cenderung panik dan buru-buru menjualnya untuk meminimalisir risiko kerugian yang lebih besar.

Baca Juga :   TIPS KUNCI SUKSES PENGUSAHA MUDA

Padahal pergerakan penurunan investasi merupakan hal yang mungkin terjadi. Anda perlu melihat gambaran yang lebih besar dari investasi Anda dan tidak tergiur dengan keadaan sesaat.

Keempat, jangan menunda-nunda waktu untuk berinvestasi dan segera memulai. Anda mungkin ingin menunggu timing yang tepat dalam investasi dengan alasan ingin mengumpulkan dana yang lebih besar.

Pada kenyataannya, semakin ditunda maka semakin sempit juga waktu untuk mencapai tujuan keuangan Anda di masa depan. Padahal dana investasi merupakan dana yang memang Anda sengaja luangkan khusus untuk investasi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini