Ketahui Kebiasaan Orang Inovatif dan Kreatif

Ketahui Kebiasaan Orang Inovatif dan Kreatif
Ketahui Kebiasaan Orang Inovatif dan Kreatif /unsplash.com

Suryamedia.id – Menjadi orang yang inovatif dan kreatif merupakan hal yang diinginkan semua orang. Pasalnya, orang yang memiliki daya inovasi dan kreativitas tinggi akan mampu melahirkan ide-ide yang out of the box.

Orang yang inovatif dan kreatif pun banyak dicari dan dibutuhkan dalam dunia kerja. Sehingga banyak orang yang mulai berusaha menumbuhkan daya inovasi dan kreativitas mereka.

Seseorang yang memiliki daya inovasi biasanya juga memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang mengarahkan kepada sifat inovatif.

Berikut ini merupakan tujuh kebiasaan yang bisa ditemukan pada orang-orang yang sangat inovatif dan kreatif berdasarkan dari buku “The Myths of Innovation” dari Scott Berkun.

Memiliki Kegigihan

Selain membutuhkan ide-ide besar, seseorang yang inovatif biasanya memiliki kegigihan, keyakinan, kerja keras, dan fokus yang tajam pada hasil akhir.

Ia juga tetap bertahan pada visinya dalam menghadapi hambatan dan rintangan. Ia cenderung untuk melihat hasil akhir dari suatu ide yang inovatif. Thomas Alva Edison mengatakan bahwa penemuan adalah 1% inspirasi, dan sisanya 99% keringat.

Baca Juga :   Berawal dari Viral di Tiktok, Dress Naik Turun Kini Diburu

Tidak Membatasi Diri

Orang yang inovatif tidak terjebak pada hambatan atau rintangan. Inovatif berarti membebaskan diri dari pikiran-pikiran tersebut dengan menghilangkan asumsi dan pembatasan.

Hal tersebut merupakan apa yang dimaksud dengan beripikir out of the box. Yaitu terbuka terhadap ide-ide baru dan solusi tanpa pengaturan keyakinan yang membatasi. Menjadi inovatif adalah lebih jauh tentang psikologi daripada intelektualitas.

Berani Ambil Risiko dan Tidak Takut Akan Kesalahan

Orang inovatif cenderung melawan ketakutan untuk gagal. Mereka memiliki pikiran bahwa beberapa ide memang akan gagal dan itu adalah bagian dari proses pembelajaran.

Ide inovatif bisa dituangkan dengan membuat prototypes, diuji cobakan pada orang-orang, mengumpulkan umpan balik, dan melakukan perubahan secara bertahap. Memperlakukan kesalahan sebagai percobaan.

Mereka menerima kegagalan dan mengambil pengetahuan yang baru didapat, kemudian mengolah kembali untuk mencari solusi terbaik.

Tetap berada dalam tujuan sampai menghasilkan hasil terbaik. Tetap memahami bahwa mustahil suatu langkah atau ide tidak menemui rintangan.

Sering Mencari Ketenangan

Lingkungan sangat mempengaruhi sesorang. Apabila lingkungan santai dan tenang, maka secara internal lebih mudah bagi seseorang memasuki alam inovatif dalam pikiran. Oleh karena itu, orang yang inovatif cenderung lebih banyak mencari ketenangan.

Baca Juga :   Kenali Gaya Komunikasi Temanmu dan Tips Menghadapinya

Beberapa orang inovatif juga biasa pergi keluar berjalan-jalan untuk mencari solusi terhadap permasalahan mereka.

Menuliskan Ide-Ide yang Muncul

Banyak inovator yang menuliskan ide-ide dan pikiran yang terlintas dalam jurnal. Tidak hanya tulisan, beberapa juga ada yang menyimpan ide dalam buku sketsa, buku memo, notes, atau kertas kosong.

Ada banyak metode yang dilakukan untuk menangkap pikiran yang terlintas. Menulis di atas kertas merupakan salah satu cara mengatasi hambatan mereka dan memulai proses inovatif.

Mencari Sebuah Pola dan Membuat Kombinasi

Ide yang muncul biasanya tidak hanya dimiliki oleh satu orang saja. Bisa saja ide yang sama dimiliki beberapa orang. Misal saja Edison. Ia bukanlah orang pertama yang muncul dengan penemuan bola lampunya.

Namun ia merupakan orang pertama yang membangun filamen karbon yang bisa diterapkan di dalam bola kaca. Dan penemuan tersebut yang membuat lampu lebih tahan lama. Ia mencari pola dan melihat bagaimana ia dapat menggabungkan ide-ide tersebut untuk memperbaiki solusi yang ada.

Baca Juga :   Ciri Seafood Yang Aman Dikonsumsi

Memiliki Keingintahuan Tinggi

Sebuah rasa penasaran dan ingin tahu dapat mendorong seseorang untuk memecahkan masalah. Berlatih untuk melihat sesuatu dengan cara berbeda.

Inovatif bisa dibiasakan dengan mempertanyakan alternatif solusi dari suatu permasalahan yang ditemui.

Demikian tujuh kebiasaan yang bisa ditemukan pada orang-orang yang sangat inovatif dan kreatif berdasarkan dari buku “The Myths of Innovation” dari Scott Berkun. Apa Anda memiliki salah satu diantarnya?. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini